Saturday, 20 October 2018

Yerry Mina Menambah Ketangguhan Pertahanan Barcelona

Sabtu, 13 Januari 2018 — 17:35 WIB
Yerry Mina, bek Barcelona. (reuters)

Yerry Mina, bek Barcelona. (reuters)

SPANYOL- Hingga paruh musim ini boleh dibilang musim terbaik Barcelona di bidang pertahanan. Betapa tidak, hingga laga ke-18 di Liga Spanyol, Barcelona belum pernah kalah dan sudah memasukkan gol ke gawang lawan 48 kali dan baru kebobolan tujuh kali.

Demikian juga di Liga Champions. Hingga babak penyisihan babak 32 berakhir Barcelona juga belum pernah kalah dari lima kali laga dan sudah memasukkan tujuh gol ke gawang lawan-lawannya dan baru kemasukan satu gol.

Ini terjadi selain kiper Ter Stegen yang memang tangguh di bawah mistar gawang, juga adadanya dukungan bek yang solid, seperti Gerard Pique dan Umtiti.

Memang bek central Macherano sejurus dengan bertambahnya usia kian jarang dimainkan. Namun Umtiti yang kini jadi palang yamg tangguh kian bersinar bersama Blaugrana. Sayang dia harus minggir beberapa pekan karena cidera hamstring saat Barca ditahan imbang 2-2 oleh Valencia.

Meski kini memiliki pertahanan tangguh, rupanya manajemen Barca belum puas sehingga juga mendatangka bek muda usia yaitu Yerry Mina dari Palmeiras, Brasil.

Ini adalah pembelian kedua Barca pada musim dingin ini setelah sebelumnya membeli Philippe Coutinho dari Liverpool.

Pemain internasional Kolombia tersebut diproyeksikan sebagai pengganti Javier Mascherano yang semakin menua, untuk jadi pelapis kompetitif bek utama Barca saat ini yakni Samuel Umtiti dan Gerard Pique.

Meski begitu di usianya yang masih menginjak 23 tahun, Mina ingin terlebih dahulu menyerap banyak pelajaran dari seniornya di Barca guna meraih kesuksesan di masa depan.

“Saya berharap bisa banyak belajar dari [Gerard Pique] dan [Samuel Umtiti],” tutur Mina, seperti dilansir laman resmi Barca usai resmi bergabung.

“Saya berharap bisa bermain sebanyak mungkin dan juga meraih banyak gelar juara bersama Barca. Itu merupakan hal yang penting untuk karier saya,” lanjutnya.(B)