Wednesday, 24 October 2018

Dinas KUKM Dorong Pedagang Pasarkan Produk Secara Online

Minggu, 14 Januari 2018 — 7:29 WIB
Gedung Pemkab Bekasi.

Gedung Pemkab Bekasi.

BEKASI (Pos Kota) -Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM)  Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  menilai banyak pelaku usaha yang masih belum memahami teknologi sehingga pemasaran produknya masih dilakukan secara tradisional.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto mengatakan penjualan produk secara online saat ini tengah berkembang dan menjadi tren, hal ini terjadi di Kabupaten Bekasi namun kebanyakan yang menjalankannya pelaku usaha di usia muda sementara pelaku usaha yang berusia lebih dari 45 tahun tetap menjalankan usahanya secara konvensional.

“Hal inilah yang menjadi tantangan kedepan agar seluruh pelaku usaha mengikuti pola penjualan yang saat ini tengah berkembang itu,” ujarnya.

Pihaknya juga berencana melakukan pendampingan bagi mereka dengan cara memberikan pelatihan tata cara penjualan secara online.

Entah menambahkan, kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya secara online adalah berupa fasilitas oleh karena itu pihaknya juga berencana memberikan bantuan seperti komputer jinjing dan telepon gengam.

Menurutnya, penjualan melalui online sangat efektif dan tidak membutuhkan modal yang banyak karena pelaku usaha tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan.

(lina/sir)