Sunday, 22 July 2018

Tertarik Bangun Transportasi Jakarta, Bank Dunia Guyur Dana Rp15 Triliun

Minggu, 14 Januari 2018 — 7:03 WIB
Bus TransJakarta (ikbal)

Bus TransJakarta (ikbal)

 

JAKARTA (Pos Kota) – Bank Dunia berminat mendanai pembangunan transportasi di Ibukota. Nilai investasinya tak tanggung-tanggung, mencapai Rp15 triliun.

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno mengatakan, selain transportasi, International Finance Corporation (IFC), yang merupakan unit Bank Dunia tertarik mendanai sejumlah program di bidang Infrastruktur, green building, dan energi terbarukan di DKI Jakarta. “Mereka ingin mendanai pembangunan transportasi dan jumlah yang tadi komit Rp15 triliun,” ujar Sandiaga, kemarin.

Tidak hanya IFC, perusahaan asal Jepang, Nippon Electric Corporation (NEC), juga telah menemui Sandiaga untuk menyampaikan niat mereka berinvestasi di bidang smart and safer city. Namun, Sandiaga tidak menyebut jumlah investasi yang ditanamkan NEC.
DUNIA USAHA
Sandiaga mengatakan, semua ketertarikan investasi dan pendanaan tersebut merupakan stimulus untuk menggerakan dunia usaha di Jakarta. Dia yakin dengan semakin banyaknya investasi, sektor ekonomi di ibukota bisa semakin bergairah.
Sandiaga juga telah meminta bantuan dari Kadin DKI Jakarta membantu Pemprov DKI menciptakan kegiatan ekonomi yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja. “Ini suntikan semangat untuk kita karena ini menunjukkan bahwa semakin banyak investor dan institusi kelas dunia yang menyatakan minatnya menanamkan modal di DKI dan menciptakan kegiatan ekonomi yang berdampak pada penciptaan lapangan kerja yang berkualitas,” ujar Sandiaga.(ruh/ird)