Sunday, 22 July 2018

Warga Sambut Positif Kawasan Kuliner Jalan Kawi

Minggu, 14 Januari 2018 — 8:27 WIB
Lokasi kuliner di Jl Kawi RT 13 RW 05 Kelurahan Pasar Manggis, Setiabudi yang sebelumnya kumuh. (Rachmi)

Lokasi kuliner di Jl Kawi RT 13 RW 05 Kelurahan Pasar Manggis, Setiabudi yang sebelumnya kumuh. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Memberdayakan ekonomi mikro warga sekaligus penataan kawasan, jajaran Kelurahan Pasar Manggis menggenjot sentra kuliner di Jl Kawi RT 15 RW 05, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Keberadaan deretan usaha kuliner tersebut disambut positif warga setempat. Padahal tahun lalu warga menolaknya lantaran menyebabkan kawasan semrawut, kumuh dan kotor.

“Dengan dimotori lurah, kami senang akan usaha kuliner mikro ini. Toh yang jualan ‘kan masih tetanggaan meski beda RW,” ujar Karim, warga RT 13 RW 05 Kelurahan Pasar Manggis, Minggu (14/1/2018).

Warga asli Jakarta ini menuturkan, sebelumnya Jln Kawi RT 13 RW 05 dengan lebar jalan delapan meter ini disesaki dengan maraknya pedagang. Mulai yang berjualan makanan, minuman, warung nasi, pangkas rambut, tambal ban hingga posko ormas. Tak pelak warga protes dan pihak kelurahan menertibkannya.

Namun kini menurut Lurah Pasar Manggis, Purwati berinisiatif menyulap eks kawasan kumuh tersebut dan membangunnya menjadi sentra wisata kuliner pada Agustus 2017. Sedikitnya 23 pedagang yang sebelumnya berjualan di atas saluran air di Jl Minangkabau ditampung di lokasi itu.

“Lokasi ini sangat strategis karena merupakan jalan hidup. Jadi pedagang kami tata agar usahanya maju tapi tidak mengganggu penataan kawasan, sehingga warga mendukung,” kata Purwati.

(rachmi/sir)