Sunday, 27 May 2018

Anies : OK Otrip Belum Diminati Masyarakat, Uji Coba Tetap Dijalankan

Senin, 15 Januari 2018 — 15:40 WIB
Bus Transjakarta. (dok)

Bus Transjakarta. (dok)

JAKARTA ( Pos Kota) – Meski penerapan One Karcis One Trip (OK Otrip) belum banyak diminati masyarakat, namun program tarif angkutan murah tetap diujicobakan mulai hari ini.

“Kami terbuka terhadap berbagai masukan dari semua pihak,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota, Senin (15/1/2018).

Rencananya, uji coba berlaku mulai ‎tanggal15 Januari, hingga 15 April 2018. “Kita lakukan uji coba selama tiga bulan sambil terus melakukan evaluasi demi kenyamanan masyarakat,” papar Anies.

Diakuinya, saat ini karcis OK Otrip yang terjual baru mencapai 2.155 lembar, masih jauh dari target sebesar 20 ribu. “Kita optimis dalam tiga bulan ke depan bisa melampaui target,” target.

“Sosialisasi dan uji coba kita lakukan mulai sore hari ini. Dari Duren Sawit ke Kampung Melayu. Besok akan dicoba lagi satu rute Semper – Rorotan. Jadi kita semuanya nanti akan ada empat rute. Tapi rute yang pertama kali dicoba di Kampung Melayu,” jelas Anies.

Dia mengharapkan, dengan adanya OK Otrip, bisa meningkatkan jumlah pengguna bus Transjakarta di tahun 2018. Setidaknya, di awal tahun ini, ia ingin jumlah penumpang Transjakarta menembus angka 500.000 orang.

Pada hari ini pertama uji coba masih banyak masyarakat yang belum tahu program OK Otrip. “Saya belum tahu banyak soal OK Otrip. Naiknya dari mana dan menggunakan kendaraan apa juga belum tahu,” ujar Salikhin, warga Kampung Melayu, Jaktim.

Katanya akan ada Angkot yang melayani penumpang OK Otrip. “Tapi ditunggu dari tadi belum kelihatan juga,” tambahnya.

Program ini memberikan keringanan bagi pengguna angkutan umum. Untuk naik tiga jenis angkutan umum terdiri dari mobil Angkot, bus Transjakarta, dan Angkot, menggunakan tarif paket seharga Rp 5 ribu dengan batasan waktu tiga jam.

Jenis angkotnya khusus yang untuk program OK Otrip, sedangkan busway bisa mana saja asalkan terkoneksi dengan angkot tersebut. (joko)