Wednesday, 19 June 2019

Pencuri Motor Setiap Beraksi Gunakan Senjata Api Digulung Polisi

Senin, 15 Januari 2018 — 20:54 WIB
senpi

JAKARTA (Pos Kota) – Unit Resmob Polres Jakarta Timur meringkus tiga tersangka pencuri sepeda motor yang sebelumnya sempat menodong korbannya dengan senjata api. Oleh karena itu selain meringkus tersangka, petugas juga menemukan dua senjata api rakitan.

Tersangka Hendri Warsito, Doni Halim dan Heri Haryanto ditangkap di dua tempat berbeda di wilayah Matraman dan Karawang, Jawa Barat. Ketiga pelaku ditangkap Senin (9/1) lalu, dari pengembangan yang dilakukan petugas setelah satu tertangkap saat menodongkan korbannya dengan senjata api.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Tony Surya Putra, Senin (15/1) mengatakan, pengungkapan kasus itu berawal saat Senin, (9/1) sekitar pukul 05:00, lima pelaku memotor milik Noinona Wulandari di Jalan Kayu Manis Timur, Matraman, Jakarta Timur.

Aksi itu dipergoki pemilik rumah yang melihat sepeda motor Honda Varionya akan dibawa kabur pelaku. Saat itu, kaya Tony, Wulan teriak minta tolong, dan mengundang warga beserta polisiyang sedang berpatroli . “Saat akan ditangkap Hendri dan Halim mengeluarkan senjata api rakitan dan menodongkan senjata api ke polisi dan warga,” ujar Kapolres.

Saat itu, kata Kombes Tony, sebenarnya pelaku menembakan senjata apinya. Beruntung senjata itu gagal meletus, dan akhirnya dibantu warga petugas mengamankan Hendri Wasito. “Empat temannya melarikan diri pakai motor, tim pun langsung bergerak,” tambah Tony di Mapolres Jakarta Timur.

Akhirnya Kamis (11/1) polisi mengamankan Doni Halim dan Heri Haryanto di Karawang, Jawa Barat. Dari keduanya, petugas mengamankan barang bukti dua senjata api, tiga sepeda motor Honda scopy T 3539 NK, Honda Vario BT 4505 ND, dan Honda Beat T 2516 KL. “Semuanya kami sita untuk dijadikan barang bukti,” ujar Kapolres.

Dari lima tersangka, tiga berasal dari Lampung. Petugas juga masih memburu dua pelaku lain yaitu A dan DS. “Tim terus bergerak, mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa meringkus sisanya,” tambah Tony.

Dari pengakuan keduanya, mereka juga pernah mencuri motor di Jalan Kayu Manis VI, Matraman, Jakarta Timur. Saaat itu, otor Vario B 3222 PDJ milik Sadeli Rais hilang dibawa kelima pelaku. “Pas main kedua ini di wilayah Jakarta Timur mereka gagal dan berhasil kita tangkap,”katanya. (Ifand)