Monday, 12 November 2018

Gali Tangki Septik, Warga Sukabumi Temukan Bunker

Selasa, 16 Januari 2018 — 17:00 WIB
Bangunan diduga bungker ditemukan penggali tangki septic di Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. (sule)

Bangunan diduga bungker ditemukan penggali tangki septic di Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. (sule)

 

SUKABUMI (Pos Kota) – Bangunan diduga bungker ditemukan warga saat menggali septic tank (tangki septic) di Kampung/Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (16/1/2018).

Penemuan bangunan diduga peninggalan zaman dulu ini ketika Deden (35) dan Fajar (31) menggali tanah di belakang rumah Susatyo (76) untuk tangki septic. Setelah sekitar dua meter menggali, tiba-tiba linggis yang digunakannya mengenai benda keras.

Penasaran, mereka lalu menghantam benda keras berupa tembok itu berkali-kali hingga jebol. Tiba-tiba di dalam tembok itu mengeluarkan cairan hitam licin mirip oli.

“Awalnya, saya kira itu tembok makam. Bangunannya mirip makam, memanjang gitu. Dindingnya keras, beberapa kali linggis sempat terpental walaupun akhirnya jebol juga,” ungkap Deden diamini Deden.

Penemuan bangunan misterius itu akhirnya menjadi buah bibir warga setempat. Sejumlah warga akhirnya melaporkannya ke Polsek dan Koramil Gunungpuyuh. Mendapatkan laporan itu, sejumlah petugas langsung ke lokasi, melakukan pengecekan dan memasang police line.

Kapolsek Gunungpuyuh, AKP Kosasih membenarkan adanya lubang aneh di kedalaman sekitar 2 meter. Dia menduga lubang itu adalah bungker. Namun, untuk cairan hitam licin sejauh ini belum bisa dipastikan.

“Dugaan itu adalah bungker peninggalan jaman dulu. Untuk cairannya sedang diuji lab di Kantor Lingkungan Hidup (KLH),” ungkap Kosasih didampingi Danramil 0706, Kapten Inf Joko Susilo. (sule/tri)