Sunday, 18 August 2019

Konflik Hanura Makin Panas, OSO Akan Pecat Wiranto

Selasa, 16 Januari 2018 — 22:37 WIB
Oesman Sapta Odang (OSO).

Oesman Sapta Odang (OSO).

JAKARTA (Pos Kota) – Konflik internal Partai Hanura makin memanas. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengklaim, Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto tak setuju dengan pemecatan dirinya. Pria yang akrab disapa OSO itu menyatakan akan memecat balik Wiranto jika ikut setuju pemecatan.

“Pasti Pak Wiranto enggak setuju. Kenapa? Enggak ada dasar untuk memecat. Kalau dia setuju pecat (saya), saya pecat balik,” kata OSO selepas Partai Hanura untuk persiapan Pemilu 2019, di Hotel Manhattan, Jakarta, Senin (15/1).

Menurut OSO, Wiranto yang kini jadi Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, itu tak setuju dengan langkah yang diambil Sarifuddin Suding Cs, dengan memecatnya sebagai ketua umum Hanura. Wiranto, kata OSO, adalah orang yang paham organisasi dan politik.

“Enggak mungkinlah, Wiranto orang tua. Dia mengerti organisasi dan politik dan dia meminta saya menjadi ketua, tiga kali dia meminta saya jadi ketua umum Partai Hanura,” tuturnya.

OSO mengaku sudah berkomunikasi dengan Wiranto soal polemik yang terjadi di tubuh Hanura. Menurutnya, setelah ada komunikasi, Wiranto hanya berpesan agar menjalankan organisasi sesuai dengan AD/ART. “Sudah bicara dengan Wiranto, ya dia bilang laksanakan saja sesuai dengan AD ART.”

Tokoh yang kini masih merangkap jabatan jadi Ketua DPD RI dan Wakil Ketua MPR itu mengatakan, pihaknya tak peduli dengan rapat yang digelar sejumlah pengurus pusat, daerah hingga pendiri Hanura yang dipimpin Sarifuddin Suding di Hotel Ambara, Jakarta Selatan. Oso berjanji akan menertibkan kader-kader yang membangkang.

“Saya tidak peduli apa yang dilakukan oleh sekelompok orang-orang yang kecil, yang ingin merusak partai, pasti kita lawan dan kita tertibkan,” tuturnya.

Dalamkesempatan itu, OSO juga mengumumkan telah mencopot Sarifuddin Suding sebagai Sekretaris Jenderal Hanura. Posisi Suding, kini digantikan oleh Herry Lontung Siregar, yang sebelumnya menjabat Ketua Tim Pilkada Pusat Hanura.

Sebelumnya, pada rapat yang dipimpin Sarifuddin Suding di Hotel Ambara pada Senin pagi, mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsekal Madya (Purn) Daryatmo ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Hanura menggantikan OSO. Rapat itu diklaim dihadiri oleh sejumlah senior dan pendiri partai. (*/win)