Friday, 16 November 2018

Sekali Lagi Ini Omongan Anies Soal Becak

Rabu, 17 Januari 2018 — 20:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak akan menambah jumlah becak meski akan melegalkan kembali becak di Jakarta. Anies mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya akan mengatur keberadaan becak yang selama ini harus terpinggirkan oleh regulasi pemerintah daerah.

“Jadi pertama ini bukan kebijakan mendatangkan becak, ini adalah kebijakan untuk mengatur becak yang senyatanya ada di Jakarta,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (17/1/2018).

Menurut Anies berdasarkan data dari Serikat Becak Jakarta (Sebaja) terdapat sekitar 1.000 becak di beberapa wilayah diantaranya di Teluk Gong, Tanah Pasir, Jelambar, Pejagalan, Muara Baru, Pademangan, Koja, Semper, Cilincing, Kalibaru dan Tanjung Priok. Dikatakan Anies pihaknya akan mendata keberadaan kendaraan roda tiga itu di wilayah lain.

“Nanti kita akan atur supaya mereka punya kejelasan dan dengan begitu harapannya Jakarta terasa sebagai tempat untuk semua bukan Jakarta untuk sebagian orang saja,” tandasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan selain berdasarkan azas keadilan, kembalinya becak di ibukota juga dilandasi atas permintaan dan kebutuhan warga.

“Saya sampaikan becak seperti juga moda transportasi lain kerja berdasarkan suplay demand. Kalau anda parkir mangkal ditempat dan semua naik ojek ya enggak laku lagi becak. Itu dia ada karena kebutuhan kalau enggak kebutuhan ya enggak ada justru. Dibanyak tempat sekarang ini modanya adalah mayoritas pakai ojek nyatanya,” ujar Anies. (ikbal/b)