Monday, 19 August 2019

Swiss Keluarkan Larangan Merebus Lobster Hidup-hidup

Rabu, 17 Januari 2018 — 12:02 WIB
Lobster. (reuters)

Lobster. (reuters)

SWISS – Lobster menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari banyak orang. Biasanya, untuk mengolahnya, lobster biasanya direbus terlebih dahulu hidup-hidup sebelum dimasak menjadi berbagai makanan lezat.

Hal ini dilakukan, karena banyak yang berasumsi jika lobster tidak bisa merasakan sakit. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa sistem saraf lobster sangat canggih dan cukup kompleks sehingga terasa sangat sakit saat direbus hidup-hidup.

Reuters melansir, berdasarkan penemuan itu, mulai 1 Maret 2018, pemerintah Swiss akhirnya mengeluarkan larangan untuk merebus lobster hidup-hidup sebelum diolah. Disebutkan, jika lobster harus dimatikan terlebih dahulu sebelum direbus.

Pemerintah Swiss juga menerapkan larangan menempatkan lobster dan kepiting di atas es atau di air dingin. Kepiting dan Lobster hidup yang hendak dijual, harus ditempatkan di wadah yang dibuat seperti habitat mereka.

Ternyata, Italia sudah lebih dulu menerapkan peraturan ini.  Pada Juni 2017, pengadilan tertinggi di Italia memutuskan bahwa lobster tidak boleh disimpan di atas es di restoran karena hal itu menyebabkan mereka mengalami penderitaan yang tidak dapat dibenarkan sebelum mereka menuju kematian dan akhirnya dijadikan santapan.(embun)