Sunday, 18 February 2018

Dua Daerah di Lampung Diduga jadi Home Industri Senjata Rakitan

Kamis, 18 Januari 2018 — 1:41 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

LAMPUNG (Pos Kota) – Dua daerah di Lampung terindikasi ada home industri (pabrik rumahan) pembuatan senjata api rakitan. Hal itu diungkapkan Karo Ops Polda Lampung, Kombes Pol. Yosi Hariyoso saat ditemui diruang kerjanya, pada Rabu (17/1) sore.

“Saat ini ada dua daerah yang masuk dalam pemetaan terkait dengan indikasi adanya pabrik rumahan pembuatan senjata api rakitan yakni, di Lampung Timur dan perbatasan Mesuji,”kata Panglima sebutan Karo Ops Polda Lampung, Kombes Pol. Yosi Hariyoso.

Untuk hasil pengungkapan di wilayah hukum Lampung Timur, lanjut ‘Panglima’ Polda Lampung ini, petugas masih melakukan pengembangan dan terus berlanjut.

“Senjata api rakitan diedarkan secara gelap dan sudah tentu akan disalahgunakan oleh pemiliknya (pengguna),”ujarnya.

Perlu diketahui, awalnya, untuk jaga diri. Meski demikian, bila senjata api illegal (gelap) sudah jelas dan bisa dipastikan akan disalahgunakan dan berbahaya bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain.

“Itu sebabnya, kita tidak pernah berhenti menghimbau masyarakat dengan kesadaran diri sendiri menyerahkan senjata api rakitan atau senjata illegal dengan sukarela. Terlebih lagi, membuat atau merakit senjata api. Mengenai sanksinya, sudah jelas telah diatur dalam UU Darurat No 12 Tahun 1951, ancaman hukuman seumur hidup atau 20 tahun penjara,”ungkapnya.(koesma)