Sunday, 27 May 2018

Ini Permintaan Jaksa Agung soal Kasus Kondesat ke Mabes Polri

Kamis, 18 Januari 2018 — 23:50 WIB
Jaksa Agung M Prasetyo. (ahi)

Jaksa Agung M Prasetyo. (ahi)

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung M Prasetyo meminta tim penyidik Polri saat pelimpahan tahap dua berkas perkara Kondesat dilakukan secara lengkap, agar tidak muncul disparitas (perbedaan perlakuan) diantara tiga tersangka.

“Kita tunggu saja seperti apa pelimpahan tahap dua (penyerahan tersangka dan barang bukti) nanti. Kita sudah nyatakan lengkap (P21),” kata Prasetyo, di Kejaksaan Agung, Kamis (19/1).

Dia menjelaskan permintaan pelimpahan tahap dua secara lengkap, agar ada perlakuan yang sama diantara tiga tersangka. “Sekaligus menghindarkan kesan ada disparitas dalam penanganan perkara, ” terang Prasetyo.

Sebelumnya, Jaksa Agumg Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Toegarisman menyatakan dirinya meyakini Bareskrim Polri dapat menyerahkan tiga tersangka secara lengkap pada pelimpahan tahap dua. Perkara ini sudah dinyatakan lengkap dua minggu lebih, Rabu (3/1)

Dari tiga tersangka kasus Kondensat yang merugikan negara sekitar 2, 7 miliar dolar AS setara Rp38 triliun, Honggo Wemdratno (Dirut PT TPPI) masih di Singapura dan belum ada naga-naga akan pulang ke tanah air.

Dua tersangka lain, adalah Mantan Kepala BP Migas Raden Priyono dan Mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas Djoko Harsono. (ahi)