Monday, 19 February 2018

Lebaran Masih Lama, Kemenhub Siapkan 2 Ribu Bus Mudik Gratis

Kamis, 18 Januari 2018 — 8:07 WIB
Dokumentasi

Dokumentasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kendati Lebaran masih lama empat bulan lagi, namun Kemenhub sejak dini telah menyiapkan 2.000 unit bus gratis untuk para pemudik Idul Fitri tahun 2018.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menegaskan, pada mudik lebaran 2018, pihaknya tidak merekomendasikan penggunaan angkutan pribadi dan sepeda motor.

“Para pemudik yang tahun lalu masih menggunakan sepeda motor, tahun ini supaya memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah, BUMN, maupun Swasta,” tutur dirjen.

Dengan 2.000 bis yang direncanakan untuk mudik gratis itu terdiri dari 1.000 unit dari PT Jasa Raharja dan 1.000 unit dari pemerintah selain guna mengurangi kemacetan juga mengurangi angka kecelakaan sebab ribuan bis tersebut bisa mengangkut ribuan orang yang nantinya dapat mengalihkan minat pesepeda motor maupun pengguna kendaraan pribadi serta angkutan umum.

Terkait angkutan barang, tahun ini pengaturan angkutan barang diterapkan pada 13 Juni 2018 pukul 00:00 sampai dengan 14 Juni pukul 24:00 dan 17 Juni pukul 00.00 sampai dengan 18 Juni pukul 24.00.

Budi menjelaskan, pengaturannya dilakukan sedemikian rupa hingga tidak mengganggu kelancaran para pemudik tapi juga diupayakan tidak membuat rugi para pengusaha angkutan dan oemilik barang.

“Saya berharap pelaku usaha bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Selain itu juga melakukan stok bahan baku industri serta bahan kebutuhan pokok lebih awal sehingga distribusi barang kebutuhan masyarakat tidak terganggu,” kata Budi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya jenis kendaraan angkutan barang yang dilarang melintas saat musim mudik lebaran yakni kendaraan sumbu tiga atau lebih dan kendaraan dengan Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14000 kg.

Kendaraan barang dengan kereta tempelan atau gandengan, kendaraan barang untuk pengangkutan bahan galian atau tambang termasuk bahan bangunan seperti besi, semen, kayu.

KECELAKAAN MUDIK TAHUN LALU

Menyinggung kecelakaan pada musim mudik Lebarah tahun 2017, dirjen menjelaskan tercatat sebanyak 586 kecelakaan lalulintas dan didominasi sepeda motor.

Pada angkutan lebaran 2017, korban kecelakaan meninggal dunia sia-sia di jalan raya sekitar 586 orang. Jumlah itu diinfokan sudah turun dari 2016 yang mencapai sekitar 1.017 orang atau turun 431 orang.
(dwi/sir)