Saturday, 18 August 2018

Petani Panen Raya Mobil Seken Diserbu

Kamis, 18 Januari 2018 — 1:52 WIB
Daihatsu Terios

Daihatsu Terios

MENJELANG panen raya beras sejumlah pedagang mobil bekas dari berbagai daerah mulai menyerbu ‎Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua. Mereka memborong mobil sesuai pesanan pelanggan di daerah masing-masing.

“Kebanyakan pelanggan memesan mobil jenis minibus seperti Kijang Innova, Avanza, dan Mobilio. Tapi ada beberapa yang order SUV seperti Rush dan CRV,” ujar Didik, pedagang asal Surabaya di WTC Mangga Dua Jl Raya Gunung Sahari Jakarta kemarin.

“Kalau kita beli sesuai pesanan, dibawa ke kampung langsung laku. Tapi kalau sesuai selera kita, maka butuh waktu beberapa lama,” kata Didik yang membawa sejumlah sopir dari Jawa Timur. Semua mobil yang diborong akan dibawa pulang lewat jalan darat.

Didik mengaku tiap menjelang musim panen raya di Jawa Timur, dia kebanjiran order dari pelanggan yang umumnya sebagai pengusaha tani. “Sekitar Februari mulai panen besar, sehingga banyak petani yang pengin beli mobil dari hasil jualan beras,” kata Didik.

Menurutnya, dengan kulakan mobil di Jakarta, terutama di WTC Mangga Dua, hasilnya masih menguntungkan. “Meski dipotong biaya akomodasi sekitar Rp 5 juta per unit, namun saya masih dapat untung, karena harga di sini lebih murah dibanding Surabaya,” paparnya.

Senior marketing manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan belakangan pedagang dari berbagai daerah cukup banyak menyerbu di sini. “Kedatangan mereka ke sini merupakan langkah tepat karena WTC Mangga Dua merupakan pasar mobil terbesar di Indonesia yang terdiri dari ratusan show room dan berkapasitas lebih dari 2.200 unit,” ujarnya. Pajangannya sangat komplit. Konsumen mau mencari mobil apa saja semuanya ada. (joko)