Saturday, 18 August 2018

Satgas Kesehatan TNI Layani 2.027 Warga Asmat

Kamis, 18 Januari 2018 — 22:14 WIB
Satgas Kesehatan TNI bekerjasama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Pemda setempat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Asmat. (Puspen TNI)

Satgas Kesehatan TNI bekerjasama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Pemda setempat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Asmat. (Puspen TNI)

JAKARTA (Pos Kota) -Sebanyak 2.027 warga Asmat, Papua telah mendapatkan pelayanan kesehatan dari Satgas TNI bekerjasama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Pemda setempat. Pelayanan itu dilakukan antara 17-18 Januari 2018.

Pelayanan kesehatan yang dilakukan berupa imunisasi terhadap 1.871 orang, penanganan gizi buruk 22 orang, pengobatan campak 121 orang, malaria 4 (empat) orang dan TBC 4 (empat) orang. Selain itu juga dyapesia 3 (tiga) orang dan pengobatan tetanus 1 (satu) orang serta transfusi darah 1 (satu) orang.

Berdasarkan rilis yang dikirim ke redaksi, Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terdiri dari personel Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU. Satgas membantu Dinas Kesehatan Wilayah setempat dalam rangka mengobati warga di wilayah Kabupaten Asmat, Papua.

Satgas Kesehatan TNI KLB juga menempatkan dua dokter spesialis anak di RSUD Agats, Kabupaten Asmat, dikarenakan jumlah penderita anak-anak yang dirujuk dan dirawat di rumah sakit tersebut sangat banyak.

Menurut Ketua Tim Satgas Kesehatan Letkol Ckm dr. Rachmanto HS.,Sp.A, kasus gizi buruk dan campak yang terjadi di Kabupaten Asmat berbeda dengan di daerah lain. “Mereka juga mengalami komplikasi radang paru, malaria dan TB. Penyembuhan pasien seperti ini perlu waktu lama dan terapi komprehensif,” katanya.(us)