Wednesday, 21 August 2019

Keleleran di Trotoar, Pencari Suaka Dapat Bantuan dari Masyarakat

Jumat, 19 Januari 2018 — 17:52 WIB
Pencari suaka dari sejumlah negara bertahan di trotoar depan RDI Jakarta di Kalideres, Jakbar. (Rachmi)

Pencari suaka dari sejumlah negara bertahan di trotoar depan RDI Jakarta di Kalideres, Jakbar. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Keberadaan pencari suaka yang keleleran di trotoar depan Rumah Detensi Imigrasi (RDI) Jakarta di Jalan Peta Selatan, Kalideres, Jakarta Barat, mengundang simpati masyarakat. Banyak yang berdatangan memberi bantuan makanan.

“Pencari suaka ini menjadi viral di media sosial. Kami iba dengan nasib mereka dan kami berupaya membantunya,” kata Dudung, warga, Tangerang, Jumat (19/1/2018). Ia datang bersama beberapa rekannya ke tempat itu untuk memberi bantuan.

di tempat itu, puluhan pengungsi dari Afganistan, Sudan dan Somalia tersebar di beberapa titik di depan RDI. Hanya beralas tikar butut dan bekas kardus, mereka bertahan untuk mendapatkan suaka. Beberapa perempuan asal Afganistan juga mengungsi di mushola di Kalideres Permai.

Kepala RDI Jakarta, Morina Harahap menjelaskan kapasitas ruang tampung di tempatnya telah overload, sehingga pengungsi memasang tenda di bahu jalan. Dengan daya tampung hanya untuk 120 orang, tapi kini berkisar 400 jiwa per 8 Januari 2018.

“Kami sudah berkoordinasi, baik dari camat maupun lurah serta Dinas Sosial untuk mencarikan solusinya,” ungkapnya.

(Baca: Sandi: Bantu Pencari Suaka Telantar di Trotoar!)

Ia menambahkan sesuai Peraturan Presiden tahun 2016 pihaknya hanya bertugas mengawasi. Artinya tugas pengamanan ketertiban adalah polisi dan Satpol PP. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial menyediakan penampungan.

Kepala Sudin Sosial Jakarta Barat, Surya, mengaku tengah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk penampungan bagi pengungsi tersebut.

Sedangkan Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan pihaknya akan membantu Sudin Sosial saat pemindahan pengungsi ke lokasi penampungan. (rachmi/yp)