Saturday, 24 August 2019

Afghanistan, Somalia dan Sudan

Sandi: Bantu Pencari Suaka Telantar di Trotoar!

Jumat, 19 Januari 2018 — 9:43 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginstruksikan Dinas Sosial DKI Jakarta untuk segera memberi bantuan kepada pencari suaka yang terlantar di Kalideres, Jakarta Barat.

Sandi mengatakan trotoar yang dijadikan tempat tinggal oleh para pencari suaka tidak layak dan tidak sesuai fungsinya.

“Trotoar dipakai tempat tinggal untuk mencari suaka, mereka makan tidur di situ.Saya akan langsung kirim dinas sosial, itu harus diberikan bantuan. Karena trotoar itu bukan tempat tinggal, trotoar itu untuk pejalan kaki,” katanya di Jatibaru, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan akan berkoordinasi untuk menangani orang-orang yang terusir dari negaranya itu. Sandi menegaskan meski tugas pokoknya bukan di pemerintah daerah, namun atas rasa kemanusiaan, bantuan harus tetap diberikan.

“Kita koordinasi, pemerintah sama aja pusat dan daerah kita bantu kalo ini human being, bisa ditaruh di panti sosial. Kita coba fasilitasi, kita perintahkan Kepala Dinas Sosial,” tandasnya.

Sejumlah pencari suaka dari Afghanistan, Somalia dan Sudan telantar di trotoar Kalideres. Mereka terdiri dari anak-anak, perempuan dan laki-laki. Selain bertahan di trotoar terdapat anak-anak dan perempuan yang menggunakan mushala terdekat untuk tempat singgah. Pencari suaka datang ke Jakarta dengan tujuan ke Rumah Detensi Imigrasi.

(ikbal/sir)