Thursday, 15 November 2018

Tersangka Kasus Kondensat Buron, Jaksa Agung : Itu Tanggungjawab Polisi

Jumat, 19 Januari 2018 — 17:24 WIB
Jaksa Agung Prasetyo  (timyadi)

Jaksa Agung Prasetyo (timyadi)

JAKARTA (Pos Kota) РJaksa Agung M. Prasetyo menyatakan belum dipulangkannya Presdir PT Trans Pasific Petrochemical Indonesia (TPPI) Honggo Wendratno dari Singapura ke Indonesia  adalah masih tanggung jawab penyidik Bareskrim Polri.

“Pokoknya, saya harapan penyidik menyerahkan semuanya kepada kejaksaan, ” kata Prasetyo, di Kejaksaan Agung, Jumat (19/1).

Prasetyo menjelaskan adalah tugas Polri mencari Honggo, karena tim jaksa peneliti sudah menyatakan berkas lengkap. Dengan demikian, tersangka dan barang bukti harus diserahkan secara bersama. “Jadi sampai sekarang belum ada pelimpahan tahap dua, ” ujarnya.

Berkas perkas sudah dinyatakan lengkap atau P 21, sejak Rabu (3/1). Pernyataan berkas lengkap disampaikan langsung oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Toegarisman.

Polisi sebetulnya sudah menetapkan Honggo masuk dalam daftar pencarian orang alias buronan karena hingga sekarang tidak tahu keberadaannya.

KONDENSAT
Honggo Wendratno adalah tersangka kasus Kondesat, 2009 – 2011 yang merugikan negara 2, 7 miliar dolar AS setara Rp38 triliun.

Dia kini masih di Singapura. Keberadaannya ini membuat Polri kesulitan untuk menyerahkan berkas perkara secara utuh bersama dua tersangka lainnya memyusul berkas Kondensat sudah djnyatakan lengkap P 21.

Dua tersangka lain yang siap diserahkan ke Kejagung, adalah Raden Priyono dan Djoko Harsono. Keduanya adalah petinggi BP Migas. (ahi)