Sunday, 23 September 2018

Wow! Kali Cisadane Bakal Dilengkapi Kapal Wisata

Minggu, 21 Januari 2018 — 16:00 WIB
Kapal wisata yang akan hilir-mudik musik di Kali Cisadane Tangerang.

Kapal wisata yang akan hilir-mudik musik di Kali Cisadane Tangerang.

TANGERANG (Pos Kota) – Kali Cisadane di Kota Tangerang bakal dilengkapi kapal wisata dengan total investasi Rp600 juta dalam waktu dekat. “Kapal itu berukuran 4 x 10 meter, dapat menampung 40 orang di dalamnya,” kata penggagas Kampung Bekelir, Ibnu Jandi di Tangerang, Minggu (21/1/2018).

Kehadiran kapal wisata nantinya akan melengkapi destiniasi Kampung Bekelir yang berlokasi di pinggiran Kali Cisadane, RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Kapal akan hilir-mudik sepanjang hari melintasi Kampung Bekelir, Taman Gajah, dan juga ada Flying Deck Cisadane.

Jandi memerinci, untuk perahu senilai Rp. 350 juta. “Ada dua mesin menggerakan kapal itu. Satu mesinnya Rp. 127 juta. Jadi total keseluruhannya Rp. 604 juta untuk perahu ini,” ucapnya. Namun warga tak perlu khawatir, karena rencana harga tiketnya cuma sekitar Rp. 18.000 per penumpang.

Ibnu Jandi juga menjelaskan, pihaknya telah mengusung konsep untuk masa depan destinasi wisata berisi ratusan mural warna – warni terpampang di wilayah Kampung Bekelir yang dulunya divonis sebagai kampung kumuh itu.

Investasi perahu wisata dikatakan Jandi bukan dari APBD, tetapi disponsori oleh pihak CSR perusahaan cat.Sementara itu Sekretaris Forum CSR Kota Tangerang, Mulyanto mengaku berupaya menindak lanjuti usulan konsep masa depan pariwisata dengan keberadaan kapal tersebut.

Ditambahkan Communication Manager Kampung Bekelir, Andika Panduwinata, adanya moda transportasi air tersebut menjadi terobosan untuk kemajuan Kota Tangerang. Terlebih dengan sumbangsih ide – ide brilian para anak muda dan peran serta masyarakat setempat.

“Adanya kapal itu bisa menggali lagi potensi Sungai Cisadane yang menjadi kearifan lokal Tangerang,” paparnya.

(awang/sir)