Tuesday, 25 September 2018

Menara Masjid Jakarta Islamic Center Miring

Senin, 22 Januari 2018 — 18:07 WIB
Menara Masjid JIC, Jakarta Utara, miring akibat diterpa angin. (deny)

Menara Masjid JIC, Jakarta Utara, miring akibat diterpa angin. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) РHujan disertai angin kencang beberapa hari lalu mengakibatkan  menara Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), miring. Warga maupun jamaah, yang hendak beribadah khawatir ambruk bila dibiarkan tanpa ada penanganan dari pihak pengurus.

“Memang dipasang garis larangan melitas sama pengurus masjid tepat di bawah menara, tapi kan tetap saja kita takut. Kalau sewaktu-waktu ambruk nimpa warga yang ingin sholat di sini bagaimana,” keluh Yanti, 32, jamaah Masjid JIC, Senin (22/1/2018).

Ia sendiri, mengaku tidak mengetahui persis kapan kubah menara dengan ketinggian 114 meter tersebut miring. “Tadi saja pas mau salat ada ramai-ramai jamaah lainnya ngomongin menara miring. Dan betul saja, pas saya tegasin kubah yang ada di atas menara miring,” katanya.

Kepala UPT Sekretariat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta JIC, Ahmad Johandi, membenarkan kondisi miringnya kubah menara tersebut. “Kejadian tepatnya pada Sabtu (20/1) kemarin, dugaan kemiringan karena diterpa angin kencang bersamaan hujan pada saat itu,” jelasnya.

Menurutnya, menara sebagai simbol masjid dan berfungsi sebagai dudukan speaker pemancar radio. “Tidak ada gangguan fungsi pada menara, kondisi juga sudah kita laporkan kepada Pemprov DKI. Termasuk juga dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan,” paparnya. (deny/b)