Thursday, 19 September 2019

Warga: Gubernur Anies Janji Perbaiki Jembatan Gantung Reyot di Jagakarsa

Senin, 22 Januari 2018 — 17:43 WIB
lokasi jembatan gantung. (wandi)

lokasi jembatan gantung. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Jembatan gantung reyot di Jagakarsa mendapat perhatian Gubrnur Anies Baswedan. Warga Srengseng Sawah RT 12/02,  Jagakarsa, Jakarta Selatan, menyambut baik akan dibangunnya jembatan penghubung dua wilayah RW 02 Srengseng Sawah dengan Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.

Sebab, semenjak 2013 pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) yang akan membangun jembatan hingga saat ini belum juga terealiasi.

Ketua RW 02 Srengseng Sawah, Neddy mengatakan memang warga sudah mengusulkan beberapa agar jembatan tersebut agar dibangun lebih layak lagi. Namun, entah kenapa hingga saat ini belum direalisasikan.

“Kami warga disini sudah beberapa kali mengusulkan melalui rembuk RW dan sudah diserahkan ke kelurahan. Tapi kami juga bingung kenapa sampai saat ini belum juga dibangun,” kata Neddy, di Srengseng Sawah, Senin (22/1).

Diungkapkan oleh ketua RW 02, jembatan gantung ini dibangun atas swadaya masyarakat. Jembatannya dibangun secara swadaya oleh masyarakat lebih dari 30 tahun lalu. Keduanya ini berada di RT 11 dan RT 12, dan masih berada di lingkungan RW 02.

“Kemarin Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat meninjau jembatan ini. Dan gubernur berjanji akan membangun jembatan permanen yang aman sebagai ganti jembatan gantung yang reyot,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Aminah,34, ibu dua anak ini mengaku was-was setiap kali anaknya yang sekolah di SDN 15, Srengseng Sawah berangkat sekolah yang melintas di jembatan tersebut. Sebab pada musim penghujan seperti sekatang ini tentu licin.

“Ngeri dan khawatir setiap kali anak saya mau berangkat sekolah karena pada musim hujan seperti ini pasti licin kalau kurang hati-hati bisa-bisa jatuh. Makanya kami sangat berharap pembangunan jembatan ini segera dilakukan,” kata warga Depok.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal dalam kunjungannya mengatakan pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan Pemkot Depok membahas terkait pembangunan jembatan tersebut. Menurutnya, ini sengaja dilakukan karena nantinya jembatan tersebut akan menghubungkan dua wilayah DKI Jakarta dan Depok.

“Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Depok, mudah-mudahan dalam waktu dekat pembangunan ini akan segera kita mulai. Sedangkan untuk anggaran kami belum bisa memastikan karena masih dalam pembahasan,”kata Yusmada Faizal.

Sedangkan, Lurah Srengseng Sawah Tubagus Masruri menambahkan, memang pada tahun 2013 pihak BBWSCC akan membangun jembatan. Namun, karena kendala teknis akhirnya hingga saat ini pembangunan tersebut belum dilakukan.

“Memang warga sudah beberapa kali mengusulkan agar dibuatkan jembatan penghubung. Bahkan pada tahun 2013 akan dibangun, tapi karena ada kendala akhirnya pembangunan ini urung dilakukan,” kata Tubagus Masruri.

Pasca pembangunan dan kalau sudah selesai jembatan gantung tidak akan dimanfaatkan lagi. “Nanti akses warga hanya dari satu jembatan baru saja. Karena kedua jembatan gantung ini sudah tidak layak,” ucapnya. (wandi/win)