Wednesday, 18 December 2019

Gadis Cilik Pengupas Kerang Ini Ingin jadi Dokter

Selasa, 23 Januari 2018 — 6:51 WIB
Zahra, bocah pengupas kerang hijau di Cilincing. (deny)

Zahra, bocah pengupas kerang hijau di Cilincing. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Jari-jemarinya nampak piawai dalam memilah-milah kerang hijau yang baru direbus para nelayan. Padahal, usianya baru 11 tahun, tidak seperti pekerja-pekerja pengupas kerang lainnya yang didominasi kaum ibu-ibu kebanyakannya.

Zahra, 11, pelajar kelas 4 SD tersebut, setiap hari bekerja mengupas kerang hijau. Padahal banyak anak seusianya menghabiskan waktu seusai pulang sekolah untuk bermain atau belajar dengan rekan-rekan sebayanya.

“Sudah lama ikut ngupas kerang hijau, atas keinginan sendiri. Bapak sama ibu tidak melarang, dan tahu saya ngupasin kerang hijau,” ucap Zahra, disela-sela kesibukannya mengupas kerang hijau, Senin (22/1/2018). Ia ditemui Pos Kota, di kampung nelayan Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara.

Masih dituturkan Zahra, dalam sehari ia hanya dapat mengupas kerang hingga 2 kilogram, tidak seperti para ibu-ibu dan pengupas kerang hijau lainnya hingga mencapai puluhan kilogram. “Kalau lebih dari itu (2 kilogram, red) biasanya tangan pada sakit, saya nggak kuat banyak-banyak,” paparnya.

Zahra yang bercita-cita sebagai dokter tersebut, mengaku dengan hasil kerja kerasnya sebagai pengupas kerang hijau tersebut dalam sehari dapat membawa pulang uang Rp6 ribu, tidak lebih. “Kan sekilonya diupah Rp3 ribu,” jelasnya. Uang itu pun tidak lebih ia gunakan untuk jajan dan digabungkan.

Sementara itu, Sugandi, pemilik usaha kerang hijau, tersebut mengaku tidak melarang Zahra bekerja di tempatnya. “Tapi memang, saya pesan kalau memang sekolah ya tidak boleh sampai meninggalkan pendidikan. Kalau sudah pulang , silakan saja,” ucapnya. Anak-anak pengupas kerang, memang bukan hanya Zahra saja. (deny/b)

Terbaru

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf (tengah), di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019).(firda)
Rabu, 18/12/2019 — 14:11 WIB
Ditinjau Dirlantas Polda Metro Jaya
Ini 28 Area Blackspot/Rawan Kecelakaan di Jakarta dan Sekitarnya
Sejumlah warga berburu lundu di lokasi pertemuan antara Kali Saradan dan Kali Cipanas di Kecamatan Losarang Indramayu Jabar. (taryani)
Rabu, 18/12/2019 — 13:50 WIB
Kali Mulai Berair Warga Berburu Lundu