Wednesday, 12 December 2018

Kembalikan Fungsi Trotoar

Senin, 29 Januari 2018 — 5:50 WIB

SEBAGIAN besar trotoar di Jakarta sudah dilebarkan. Demi melebarkan sarana pejalan kaki itu, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp400 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

Tujuan melebarkan trotoar tidak lain untuk meningkatkan pelayananan terhadap warga, terutama pejalan kaki. Trotoar merupakan jalur pejalan kaki yang sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan jalan untuk menjamin keamanan pengguna sarana tersebut.

Dengan melebarkan trotoar diharapkan warga tertarik berjalan kaki saat beraktivitas. Malah di sejumlah lokasi, trotoar dibangun dan dibenahi bukan sekadarnya saja.

Contohnya di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Fasilitas publik untuk pejalan kaki itu sudah dilebarkan dan sangat nyaman bagi warga beraktivitas.

Hanya saja trotoar yang sudah lumayan ideal, kini pemanfaatannya tidak sebagaimana mestinya. Sarana publik itu kadang beralih fungsi menjadi tempat berjualan pedagang, parkir motor dan lainnya. Mulai pukul 17:00, pedagang menggelar lapak di sana.

Di wilayah Jakarta Timur, selain Jatinegara, trotar di kawasan Jalan Matraman Raya, Kramatjati, dan Ciracas, juga sering berubah fungsi. Akibatnya, pejalan kaki terpaksa melintas di badan jalan.

Potret serupa juga terjadi di Jakarta Selatan. Trotoar di kawasan Jalan Tebet Raya, Jalan Wijaya, dan Jalan Pasar Minggu dikabarkan kerap beralih fungsi. Sarana pejalan kaki banyak dimanfaatkan parkir motor.

Melihat fakta ini sudah seharusnya Pemprov DKI Jakarta segera bertindak dan mengembalikan trotoar sesuai dengan fungsinya. Jangan sampai anggaran ratusan miliar yang sudah dikucurkan untuk membenahi, menata, dan melebarkan trotoar terbuang percuma alias mubazir.

Selain itu, tujuan melebarkan trotoar untuk memanjakan pejalan kaki juga tak tercapai. Bila trotoar beralih fungsi menjadi parkir motor dan tempat berjualan sama halnya Pemprov DKI Jakarta membiarkan hak pejalan kaki terampas. Kini publik menunggu trotoar dikembalikan sesuai dengan fungsinya. @*