Sunday, 23 September 2018

Liverpool Jangan Sekali-kali Anggap Remeh Huddersfield Town

Selasa, 30 Januari 2018 — 6:54 WIB
Mohamed Salah  pemain andalan Liverpool (reuters)

Mohamed Salah pemain andalan Liverpool (reuters)

INGGRIS – Setelah tersingkir dari Piala FA, Liga Primer Inggris menjadi satu-satunya harapan bagi ‘Si Merah’ Liverpool untuk meraih gelar di kompetisi domestik, musim ini.

Untuk itu, skuad asuhan Jurgen Klopp harus kembali ke jalur kemenangan, seraya mengakhiri inkonsistensi kala menyambangi Huddersfield Town di Stadion The John Smith’s, Rabu (31/1) dinihari WIB.

Meski hanya pendatang baru dengan status promosi di Liga Primer, musim ini, Huddersfield telah menunjukkan bahwa mereka bukanlah tim yang mudah untuk dikalahkan oleh tim-tim besar saat bermain di Stadion The John Smith’s.

Hal itu mereka buktikan saat mengalahkan Manchester United (MU) 2-1 pada Oktober 2017 lalu. Sebelum itu, tim sekelas Manchester City juga pernah ditahan imbang tanpa gol di Stadion The John Smith’s pada babak 16 besar Piala FA tahun lalu, sebelum takluk 0-5 pada laga ulang di Stadion Etihad.

Maka dari itu, Liverpool tak boleh meremehkan Huddersfield jika tak ingin menelan kekalahan beruntun.

Mohamed Salah dan kawan-kawan sebelummya harus angkat koper dari Piala FA usai kalah 2-3 dari West Bromwich Albion dan menyerah 0-1 dari Swansea di Liga Primer, beberapa hari sebelumnya.

Ironisnya, dua kekalahan beruntun itu ditelan Si Merah setelah menampilkan performa menawan pasa mengalahkan Manchester City 4-3 di Liga Primer. Artinya, Liverpool masih dilanda inkonsistensi performa di awal tahun ini.

PERTAHANAN BURUK

Hal itu diakui Klopp yang bahkan mengakui bahwa salah satu penyebab kekalahan beruntun yang di telan anak-anak asuhnya karena kondisi lini pertahanan yang sangat buruk. “Kami masih mengalami inkonsistensi dalam beberapa pekan terakhir di bulan Januari ini. Dalam beberapa momen penting dalam permainan di sekitar gawang, itu buruk. Pertahanan yang buruk, itulah alasannya. Pertahanan yang buruk dalam sebagian besar waktu merupakan keputusan yang salah,” aku Klopp, seperti dikutip Livverpool Echo.

Akibatnya, Liverpool masih tertahan di tangga empat atau batas akhir zona Liga Champions klasemen sementara Liga Primer. Dengan total 47 poin, Si Merah bahkan terancam bisa terlempar dari zona Liga Champions karena hanya unggul dua angka dari Tottenham Hotspur di tangga kelima. Hal serupa juga dialami Huddersfield yang belum pernah menang dalam tiga laga terakhir secara beruntun, usai bermain 1-1, menjamu Birmingham City pada babak 32 besar Piala FA, tengah pekan kemarin. (junius/bu)