Monday, 27 May 2019

Wow..Jumlah Pulau di Kepulauan Seribu Bertambah!

Senin, 5 Februari 2018 — 6:30 WIB
Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Ismer Harahap. (deny)

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Ismer Harahap. (deny)

JAKARTA – Keberadaan pulau-pulau di Kepulauan Seribu Utara sangat mungkin bertambah jumlahnya. Sejumlah laporan menyebutkan timbulnya pulau-pulau baru di kawasan Kepulauan Seribu Utara tersebut.

“Berdasarkan laporan, baik dari kementerian, KPLP dan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), telah ditemukan pulau-pulau baru di perairan Kepulauan Seribu, karena itu saya minta lurah dan camat untuk melakukan validasi kembali,” ucap Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Ismet Harahap, Minggu (4/2/2018).

Menurut Ismer, saat ini tercatat ada 109 pulau masuk di perairan Kepulauan Seribu dan 1 pulau masuk ke Jakarta Utara. “Keseluruhan ada 110 pulau masuk DKI, dan dengan munculnya pulau-pulau baru ini kemungkinan akan bertambah lagi jumlahnya. Berapa jumlahnya sendiri, kita masih validasi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Ismer, timbulnya pulau-pulau baru tersebut disebabkan beberapa faktor, seperti faktor alam, pengurukan atau reklamasi, dan juga memang sudah ada namun tidak terdata. “Tiga faktor ini lah penyebab timbulnya pulau-pulau baru,” jelasnya. Untuk faktor alam, tidak dapat diketahui pasti berapa lama proses terjadi.

Sementara itu, untuk memastikan ada timbulnya pulau-pulau baru tersebut, ia bersama instansi terkait lainnya akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi. “Nantinya juga akan kita lakukan pemasangan plang nama di pulau, tapi untuk ini mungkin setelah kita selesai melakukan validasi jumlah pulau yang ada,” tegasnya. (deny/yp)