Tuesday, 16 October 2018

Komplotan ini Tinggal di Apartemen, Kerjanya Malsukan Duit

Selasa, 13 Februari 2018 — 19:45 WIB
Tersangka dan uang palsu yang diamankan  dari apartemen Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan.(saban)

Tersangka dan uang palsu yang diamankan dari apartemen Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan.(saban)

BEKASI-Sebuah hunian di Apartemen Grand Kamala Lagoon, di Bekasi Selatan, digerebek aparat Kepolisian Metro Bekasi Kota, Selasa (13/02). Hasilnya tiga pelaku pembuat uang palsu di apartemen mewah itu diciduk. Ketiganya IR alias Surya, HM dan MA.

“Kami menangkap mereka setelah ada laporan dari seorang korban atas nama Vera Amelya dengan kerugian mencapai puluhan juta,” kata Kasatreskrim Polres Merro Bekasi Kota, AKBP Dedy Supriadi, Selasa, (13/02)

Dedy menjelaskan, penipuan itu berawal saat Vera membutuhan pinjaman uang dengan jumlah besar untuk keperluan pembelian alat proyek. Saat itu, salah satu pelaku, yang kebetulan rekan dekatnya menawarkan pinjaman. “Tanpa pikir panjang, korban dan pelaku sepakat dengan pinjaman itu,” katanya.

Beberapa hari kemudian, kata Dedy, pelaku datang bersama dua orang rekanya. Mereka datang dengan membawa satu brangkas berisikan uang pecahan Rp100 ribu. Tapi, uang itu, akan diberikan jika korban lebih dulu menyetor duit Rp17 juta.

“Jadi si korban harus setor dulu Rp17 juta. Setelah itu pelaku hanya menunjukan uang di brangkas,” katanya.

Dedy mengatakan, usai menyetor duit, korban dijanjikan beberapa hari guna proses transfer. Namun, janji tersebut tak kunjung datang hingga korban curiga, lalu melaporkanya ke Polres Bekasi Kota.

Petugas bergerak cepat dan berhasil mengamankan para pelaku. Polisi juga menyita sejumlah uang palsu dalam tas dan diduga tersangka memproduksi uang palsu pecahan Rp100 ribuan di apartemennya. (saban/us).