Sunday, 22 July 2018

Sandi: Jalur Khusus Sepeda Akan Terus Diperbanyak

Selasa, 13 Februari 2018 — 19:06 WIB
Jalur khusus sepeda di Jalan P. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.(ikbal)

Jalur khusus sepeda di Jalan P. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.(ikbal)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan penambahan jalur khusus sepeda di jalanan Ibukota terus dimatangkan. Pembangunannya melibatkan komunitas sepeda yang paham betul akan kebutuhan mereka saat melintas di jalan.

Sandi belum dapat memastikan penambahkan jalur khusus kendaraan ramah lingkungan tersebut. Menurut Sandi hingga saat ini masih dilakukan  penyempurnaan gagasan sebelum diwujudkan dalam realisasi program.

“Teman-teman dari komunitas sepeda, salah satunya adalah Komite Sepeda Indonesia sudah ajukan rencana untuk memulai kembali jalur sepeda. Saya sangat mendukung dan sekarang lagi digodok dan mereka akan menyampaikan,” ujarnya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (13/2/2018).

Politsi Partai Gerindra itu menambahkan selain membuat sarana tersendiri, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus memiliki kesadaran akan kepatuhan dalam berkendara. Menurut Sandi sikap saling menghormati antarpengendara perlu ditingkatkan di jalan.

“Yang saya juga ingin dorong, tingkatkan kepatuhan daripada pengguna jalan. Bagaimana kita bisa menghormati bukan hanya pengemudi sepeda tapi juga pejalan kaki. Dengan budaya dan etika seperti itu kita semua menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tandas Sandi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat jalur khusus sepeda di beberapa jalan di Ibukota. Salah satunya jalur yang dibuat di Jalan Imam Bonjol – Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Di jalan tersebut, jalur khusus sepeda ditandai dengan warna hijau di sisi kiri jalan.

Selain di jalan, jalur khusus juga dibuat di beberapa jalur pedestrian. Beberapa trotoar yang dilengkapi dengan jalur khusus diantaranya adalah trotoar Jalan Daan Mogot, Jalan Raya Jatinegara Timur, Jalan Danau Sunter, dan Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat. (ikbal/win)