Sunday, 25 February 2018

Tiga Truk Angkut Miras Diamankan Bea Cukai Merak

Selasa, 13 Februari 2018 — 19:31 WIB
miras--

​ MERAK – Tiga truk yang mengangkut minuman keras diamankan petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Merak, Selasa (13/2/2018).

Ketiga truk jenis Colt Diesel diamankan saat truk keluar dari KMP Mustika Kencana yang sandar di dermaga satu Pelabuhan Merak.

Informasi yang dihimpun, truk dengan nomor polisi BE 9558 GJ, BE 9048 NI dan BE 9366 NI memuat sekira 600 dus yang berisi berbagai merek miras tanpa dokumen lengkap.

“Awalnya memang kita dapat informasi (rencana penangkapan) untuk meminta support ke kita. Tiga truk ini memang memuat miras impor yang diduga tidak resmi,” ungkap Kasubsi Sarana dan Operasi KPPBC Tipe Madya Pabean Merak, Ardian Ramerta kepada wartawan di ruang kerjanya.

Tidak ada perlawanan dalam penangkapan tersebut. Namun diduga untuk mengelabui petugas, permukaan bak truk ditutupi dengan kayu kelapa. Ketika ditanya tentang dokumen, ketiga awak truk tidak dapat menunjukan dokumen yang diminta petugas.

“Intinya kita persuasif saja, pendekatan saja ke sopir truk untuk menggeledah. Sopirnya sempat kita mintai keterangan awal, tapi karena malam dan kondisi tidak memungkinkan, barang bukti sudah dibawa ke wilayah (Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Tangerang, Banten),” katanya.

Meski demikian Ardian mengaku tidak mengetahui pasti berapa jumlah botol minuman keras yang ada di dalam truk, karena truk beserta isinya langsung diamankan ke Kanwil Bea Cukai Banten.

“Truk dan 6 orang awaknya sempat dibawa ke kantor Bea Cukai Merak untuk keterangan awal, sekarang penyidik ikut ke sana (Kanwil Bea Cukai Banten). Kalau untuk jumlahnya belum tahu berapa karena belum kita cacah,” tukasnya.

Penangkapan tersebut melibatkan petugas dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak.Beberapa miras diduga impor yang diamankan seperti Cointreau, Chivas, Jack Daniels, Black Lable dan lainnya dibungkus kardus yang dibalut plastik.

“Kita hanya dimintai back up oleh Bea Cukai dalam penangkapan itu, tapi sekarang tiga truk sudah diamankan ke Kanwil,” singkat Kepala KSKP Merak, AKP Salahudin. (haryono/win)