Tuesday, 23 October 2018

Bantai Basel 0-4, Manchester City Bakal Mulus ke Babak 16 Liga Champions

Rabu, 14 Februari 2018 — 5:29 WIB
Ilkay Gundogan dan Aguero rayakan gol ke gawang Basel (reuters)

Ilkay Gundogan dan Aguero rayakan gol ke gawang Basel (reuters)

SWISS- Manchester City terlalu kuat untuk Bassel. Tanpa kesulitan anak asuh Pep Guardiola itu mampu membantai Basel 4-0 pada laga leg pertama babak 16 Liga Champions, Rabu (14/2/2018) dinihari.

Pada laga yang dihelat di Stadion St. Jakob-Park tersebut, keempat gol City dicetak oleh Gudongan menit ke-14 dan 53, lalu gol Bernardo Silva menit ke-18 dan Aguero menit ke-23.

Dengan demikian, langkang Manchester City ke babak delapan besar bakal berjalan mulus. Pasalnya pada laga leg kedua nanti akan digelar di kandang Man City di Etihad.

Tentu sangat sulit bagi Basel membalikkan keadaan dengan harus menang 5-0 untuk bisa lolos ke babak delapan besar.
Meski hanya menghadapi Bassel yang kelasnya satu tingkat di bawah Manchester City, namun Pep Guardiola tetap menurunkan skuad terbaiknya. Bahkan kali ini Pep menurunkan kapten tim yang selama ini sering dibekap cidera, Vincent Kompany dan Bernardo Silva.

The Citizens menurunkan mayoritas pemain terbaiknya dalam laga ini. Hanya Vincent Kompany dan Bernardo Silva yang merupakan pergantian dari skuat andalan Pep Guardiola beberapa pekan sebelumnya.
Sejak menit awal City langsung menekan pertahanan Basel dan menit ke-14 sudah unggul. Berawal dari tendangan sepak pojok, Gundongan mampu menyundul bola yang melambung dan tidak bisa ditahan kiper Bassel.

Hanya berselang empat menit kemudian giliran Bernardo Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini berawal dari kegagalan barisan belakang Basel untuk mengamankan umpan silang Raheem Sterling dari sisi kiri.

Bernardo Silva menahan bola dengan dadanya kemudian setelah dikontrol sebentar langsung ditendang yan tak mampu dijangkau oleh kiper Vaclik.

Aguero tidak mau ketinggalan. Pada menit ke-23, mesin gol Manchester City ini ikut berperan menambah pundi-pundi gol . Ia mendapat bola muntahan di luar kotak penalti lalu dengan kaki kanannya mendang bola yang mampu mengecoh kipe tuan rumah.

Kedudukan 3-0 tidak membuat City mengendorkan serangan. Mereka terus mencari gol tambahan. Hanya saja hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 3-0.

Memasuki babak kedua, De Bruyne menjajal peruntungannya lewat tembakan jarak jauh. Tapi, tembakan keras gelandang asal Belgia itu mengarah tepat ke tangkapan Vaclik.

Tentu saja Basel tidak mau terus jadi bulan-bulanan . Mereka sempat memiliki peluang melalui aksi Mohamed Elyounoussi. Tembakan keras Elyounoussi memaksa Ederson Moraes terbang untuk menepis bola keluar lapangan.

Tak lama kemudian Raheem Sterling nyaris menambah gol City. Sayang pemain Timnas Inggris ini membuang kesempatan meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik. Dia tak segera menembak sehingga peluang terbuang percuma.

Guendogan membawa City unggul 4-0 lewat golnya pada menit ke-53. Usai menerima operan dari Aguero, dia mengecoh satu pemain lawan sebelum melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola tembakannya menembus gawang Basel tanpa bisa dijangkau oleh Vaclik.

Menang 4-0 City kembali mengendorkan tekanan dan itu dimanfaatkann oleh Basel . Tapi, kembali Oberlin gagal memaksimalkannya setelah tembakannya melenceng dari gawang City.

Oberlin kembali menyia-nyiakan peluang di menit ke-67. Dia berdiri bebas ketika menyambut umpan silang Valentin Stocker, tapi sundulan jarak dekatnya meleset.

Justru City nyaris menambah gol kembali lewat Guendogan . Pada menit ke-74 dia muncul dari belakang untuk menyambar umpan tarik dari Aguero. Tapi, usahanya secara luar biasa digagalkan oleh Vaclik.

Akhirnya wasit meniup pluit panjang dan City menyudahi pertandingan dengan kemenangan telak 4-0.(b)