Thursday, 15 November 2018

Tak Pernah Hadiri Sidang Gugatan Cerai

Hak Pembelaan Istri Ahok Hilang

Rabu, 14 Februari 2018 — 17:47 WIB
Veronica

Veronica

JAKARTA – Veronica Tan tidak pernah hadir dalam sidang gugatan cerai yang dilayangkan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Hingga sidang ketiga digelar, Veronica tidak pernah datang dan juga tidak menunjuk kuasa hukum.

Pada dua sidang sebelumnya, Veronica menitipkan surat untuk majelis hakim yang isinya memyatakan tidak akan hadir dan tidak menunjuk pengacara dalam sidang.

Vero telah memasrahkan nasib rumahtangganya kepada majelis hakim. Pengadilan Negeri Jakarta Utara pun telah menganggap hak pembelaan Veronica sebagai tergugat sudah gugur karena ketidakhadiran itu.

“Karena dia udah tidak menghadiri (sidang) berarti dia melepaskan hak untuk membela kepentingannya di persidangan,” kata pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Jootje Sampaleng, di PN Jakut, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Jootje menjelaskan meski Veronica tidak sekalipun hadir dalam persidangan, majelis hakim masih dapat memutuskan perkara atau disebut putusan verstek.

Putusan verstek adalah putusan yang dijatuhkan apabila tergugat tidak hadir atau tidak juga mewakilkan kepada kuasanya untuk menghadap meskipun ia sudah dipanggil dengan patut.

Apabila tergugat tidak mengajukan upaya hukum verzet (perlawanan) terhadap putusan verstek itu, maka putusan tersebut dianggap sebagai putusan yang berkekuatan hukum tetap.

humaspn

Pejabat Humas PN Jakarta Utara, Jootje Sampaleng.

Saat ini persidangan telah memasuki agenda pembuktian gugatan. Sedianya sidang digelar hari ini, namun karena Ketua Majelis Hakim, Sutaji berhalangan hadir, maka sidang ditunda hingga Rabu (21/2/2018) pekan depan. Jootje menjelaskan setelah pembuktian maka proses selanjutnya sebelum memasuki putusan adalah kesimpulan.

“Tinggal pembuktian dan pembuktian itu kan, boleh bukti surat ataupun saksi, baru dia masuk di acara kesimpulan. Jika mereka ingin mengajukan kesimpulan ya boleh. Kesimpulan boleh, khususnya dari pihak penggugat, batu ditunda untuk putusan,” jelasnya.

Dikatakan Jootje bila Veronica berubah pikiran dan hadir dalam sidang, maka Veronica harus mengikuti agenda yang sedang berlangsung karena hak pembelaannya sudah hilang. (ikbal/b)