Monday, 20 August 2018

Kematian Adelina Bikin Orang Malaysia Marah

Rabu, 14 Februari 2018 — 10:18 WIB
Mendiang Adelina saat ditemukan sedang duduk bersandar dengan kondisi lemah.(Ist)

Mendiang Adelina saat ditemukan sedang duduk bersandar dengan kondisi lemah.(Ist)

MALAYSIA –  Kematian  Adelina, pekerja migran Indonesia (PMI) di Penang, telah memicu kemarahan bangsa Malaysia, kata anggota parlemen Malaysia.

Steven Sim Chee Kong, anggota parlemen di Bukit Mertajam menemui Adelina pada Sabtu (10/02) lalu setelah mendapat pengaduan dari tetangga yang melihat tenaga kerja asal Nusa Tenggara Timur ini mengalami luka-luka parah termasuk di tangan.

Adelina asat NTT dibiarkan tidur diberanda dengan seekor anjing, setelah sebelumnya kerap disiksa majikan. Saat ditemukan petugas, wanita malang itu ditemukan duduk bersandar dilantai dengan tubuh penuh luka dan kurang gizi.

Adelina meninggal di rumah sakit pada keesokan harinya, Minggu (11/02).

“Kematian Adelina menyebabkan orang Malaysia marah, marah kepada majikan karena Adelina diperbuat (diperlakukan) sedemikian,” kata Steven seperti dilansir BBC.

Lalu Muhamad Iqbal, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, mengatakan belum ada kesimpulan final dari dokter forensik.

Namun, menurutnya, “salah satu penyebab yang ditemukan adalah Adelina mengalami malnutrisi satu bulan terakhir, ada luka… kemungkinan bekas gigitan binatang.”

Steven Sim mengatakan saat bertemu kondisi Adelina lemah dengan luka parah di tangannya.

Adelina sempat menuturkan bahwa selama sebulan terakhir dia dipaksa tidur di luar rumah bersama anjing peliharaan majikan, tak diberi makan, dan mengalami penganiayaan.

Steven Sim menyerukan agar pemerintah Malaysia dan juga Indonesia memperkuat perundang-undangan agar pekerja mendapatkan perlindungan.(Tri)