Sunday, 27 May 2018

KRD Beroperasi Lagi, Banyak Warga Belum Tahu

Rabu, 14 Februari 2018 — 19:32 WIB
krd

BOGOR –Kereta Rel Diesel (KRD) Pangrango Sukabumi-Bogor, yang berhenti beroperasi selama lebih dari sepekan, kembali beroperasi. Meski begitu, baru rute Sukabumi–Cigombong yang beroperasi.

Hadirnya kembali KRD tersebut membuat warga lebih mudah karena selama ini jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) hampir setiap hari macet hingga membuat stres. PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih melakukan perbaikan, pasca longsor yang di antara Stasiun Cicurug Cigombong di KM 20+7/8 dan Stasiun Bogor – Maseng di Km 13+800.

Hari pertama operasi KRD, belum terlihat kepadatan penumpang. Pihak kereta api mengaku, ada penurunan penumpang drastis. “Jika melihat hari ini, penurunannya hingga 60 persen. Tapi kami yakin, besok ketika masyarakat sudah tahu kereta Bogor-Sukabumi beroperasi, pasti penumpangnya akan ramai lagi,”kata Kepala Stasiun KA Sukabumi, Heru Salam kepada wartawan Rabu (14/2/2018).

Manajemen kereta api di stasiun Bogor juga mengaku, pengguna jasa angkutan kereta untuk tujuan Sukabumi beralih ke angkutan umum lain, ketika KRD resmi berhenti operasi karena jalur lintasan terdampak longsor. Meskipun KRD sudah beroperasi, warga masih banyak yang kesulitan karena belum sampai ke Stasiun Paledang, Bogor. Kalau mau ke Bogor, naik angkutan lagi. (yopi/us)