Sunday, 25 February 2018

Rebut Medali Emas, Atlet Gay Catat Sejarah di Olimpiade

Rabu, 14 Februari 2018 — 7:42 WIB
Peraih medali emas (dari kiri ke kanan) Patrick Chan, Gabrielle Daleman, Kaetlyn Osmond, Meagan Duhamel, Eric Radford, Tessa Virtue dan Scott Moir of Team Canada

Peraih medali emas (dari kiri ke kanan) Patrick Chan, Gabrielle Daleman, Kaetlyn Osmond, Meagan Duhamel, Eric Radford, Tessa Virtue dan Scott Moir of Team Canada

KANADA– Atlet Kanada Eric Radford mencatat sejarah sebagai atlet yang mengaku gay secara terbuka pertama yang meraih emas Olimpiade Musim Dingin.

Radford mengaku ‘meledak dalam kebanggaan’ setelah meraih emas dalam nomor figure skating beregu bersama pasangannya Meagan Duhamel.

Peselancar AS Adam Rippon, atlet gay terbuka pertama yang masuk tim Olimpiade Musim Dingin AS, memenangkan perunggu di nomor yang sama yang berlangsung di Gangneung Ice Arena.

Setelah kemenangannya, Radford, 33, menulis di Twitter: “Ini luar biasa! Saya sungguh merasa seperti mau meledak dalam kebanggaan.”

Kemudian, dia mencuitkan foto bersama Adam Rippon, keduanya sedang tersenyum dengan menambahkan tagar”#outandproud” -melela dan bangga.

Mantan atlet Kanada dan advokat LGBT, Mark Tewksbury, yang memenangkan medali emas renang pada tahun 1992, mengirim ucapan selamatnya.

“Akhirnya pada 2018 seorang pria gay terbuka berada di puncak podium,” katanya. “Tidak ada lagi pengucilan untuk atlet LGBT!!”

Beberapa dekade sebelum Radford dan Rippon, atlet gay Inggris, John Curry memenangkan medali emas skating di Olimpiade Musim Dingin 1976 di Innsbruck. Tapi seksualitasnya tidak diumumkan, sampai kemudian diungkapkan oleh sebuah surat kabar Jerman tak lama kemudian.

gayemas

Banyak pengguna Twitter mempertanyakan apa bedanya jika Radford gay atau straight.

“Mengapa seksualitasnya penting? Yang penting dia adalah atlet yang memenangkan medali,” tulis seorag pengguna.

Yang lain menjawab: “Itu hal penting bagi orang-orang yang secara absah dilanda ketakutan akan kehilangan pekerjaan atau disiksa jika mereka terbuka tentang menjadi gay. Bila orang bisa mencapai puncak di bidangnya tanpa menyembunyikan seksualitasnya, akan memberikan harapan.”

Atlet Amerika, Rippon, menekankan pentingnya mengungkapkan seksualitasnya, setelah hal itu menjadi pemberitaan di AS.

“Menjadi gay tidak pernah menjadi masalah besar bagi saya, oleh karena itu agak lucu bahwa saya mendapatkan semua perhatian tentang hal ini,” katanya kepada majalah GQ.

Banyak yang sebelumnya tak tahu menahu tentang Olimpiade Musim Dingin ini, jadi memberikan perhatian khusus gara-gara kemenangan pemuda berusia 28 tahun ini. Salah satunya, bintang Hollywood Reese Witherspoon.(BBC)