Sunday, 25 February 2018

Tahan Imbang Juventus 2-2, Keberuntungan Bagi Spurs

Rabu, 14 Februari 2018 — 6:06 WIB
Higuain kecewa setelah gagal mencetak gol lewat tendangan penalti (reuters)

Higuain kecewa setelah gagal mencetak gol lewat tendangan penalti (reuters)

ITALIA- Juventus menyia-nyiakan keunggulan yang sudah diperoleh dan harus rela berbagi anggka 2-2 saat menjamu Tottenham Hotspur pada laga leg pertama babak 16 Liga Champions di Allianz Stadium, Rabu (14/2/2018) dinihari WIB.

Juventus memang kali ini sial. Higuain yang gemilang dengan dua golnya justru gagal mengeksekusi penalti kedua.

Awalnya Bianconeri menjanjikan dengan dua gol Higuain ketika laga baru berlangsung dua menit dan gol lewat penalti menit kesembilan.

Namun secara gemilang, Hotspur mampu membalas lewat gol Harry Kane menit ke-35 dan Eriksen menit ke-71.

Dengan hasil ini tentu merugikan Juventus. Pasalnya pada leg kedua, Si Nyonyoa Tua harus bertandang ke markas Tottenham Hotspur. Jika ingin lolos, anak asuh Allegri itu wajib menang. Sedangkan Sprus hanya bermain imbang 0-0 atau 1-1 sudah lolos ke babak delapan besar.

Menghadapi laga penting ini tentu, kedua tim turun dengan pemain terbaiknya. Hanya saja Juve sebagai tuan rumah tidak bisa bermain dengan beberapa pemain inti karena cidera. Higuain menjadi andalan untuk menggedor pertahanan Spurs. Sedangkan Spurs memaksimalkan peran Harry Kane, Christian Eriksen, dan Dele Alli.

Tuan rumah membuat kaget Spurs dengan gol cepat Gonzalo Higuain. Ketika laga belum berlangsung dua menit, pemain Timnas Argentina itu mampu memaksimalkan umpan cungkil Miralem Pjanic . Higuaindengan tendangan voli gagal dihalau dengan sempurna oleh Hugo Lloris.

Gol itu menambah semangat pemain Juventus, dan menit kesembilan kembali menggandakan keunggulan lewat titik putih. Wasit memberikan hadiah penalti karena Ben Davies melanggar Bernardeschi di kotak terlarang . Higuain sukses mengeksekusinya ke sudut gawang Spurs.

Rupanya kedua gol tersebut justru memacu semangat Harry Kane dan kawan-kawan. Pada menit ke-26 harusnya Spurs mampu memperkecil kekalahan. Sayang peluang bagus gagal jadi gol ketika Christian Eriksen melepaskan umpan terobosan kepada Kane di dalam kotak penalti. Sundulan Kane dari jarak dekat masih bisa ditepis oleh kiper Juve Gianluigi Buffon.

Tentu saja Juventus tidak mau ditekan tim tamu. Lagi-lagi Higuain menjadi penebar teror. Menerima umpandari n Pjanic di dalam kotak penalti, Higuain menendang bola dengan menyasar pojok kiri gawang. Sayang terlalu melebar.

Spurs juga tidak mau ketinggalan. Setelah terus mencari celah, akhirnya mereka mampu memperkecil ketertinggalan menit ke-35. Awalnya bola dikuasai Alli lantas diteruskan ke Kane yang tak terkawal. Buffon mencoba maju untuk mengadang Kane, tapi penyerang Spurs itu dengan sigap melewatinya dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Spurs melanjutkan tekanannya. Lima menit berselang, sepakan keras Eriksen mengarah ke gawang tapi bisa ditepis oleh Buffon.

Pada masa injury time babak pertama, Juventus kembali mendapatkan penalti usai Serge Aurier menjatuhkan Costa. Higuain maju sebagai penendang, tapi kali ini gagal setelah sepakannya menghantam mistar gawang. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk Juve.

Memasuki babak kedua, Juventus menebar ancaman. Tepat pada menit ke-57, Bernardeschi melepaskan sepakan dari sisi kanan, Lloris sigap menghalau ke luar lapangan. Dari sepak pojok yang dihasilkan, umpan lambung Pjanic ditanduk Mandzukic di depan gawang. Masih tepat ke arah Lloris.

Babak kedua berjalan seru, Kedua tim mempertontonkan jual beli serangan. Pada menit ke-70, Spurs nyaris menyamakan kedudukan. Kane merangsek dari kiri dan mengarahkan tembakan mendatar ke arah pojok kiri gawang. Buffon masih mampu mengantisipasi.

Spurs akhirnya sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Eriksen bertindak sebagai eksekutornya. Dia melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang dan tak kuasa dihentikan Buffon.

Kedudukan 2-2 tentu bukan hasil yang baik bagi Juventus. Oleh karena itu tuan rumah terys mencari gol tambahan. Di menit ke-85, Juventus mendapatkan kesempatan dari sepak pojok. Hanya saja tandukan Benatia menyambut umpan Pjanic masih melambung.

Hingga wasit meniup pluit tidak ada lagi gol. Untuk itu kedua tim harus berjuang keras untuk bisa lolos pada laga leg kedua nanti di Wembley. (b)