Friday, 17 August 2018

Zumi Zola Besok Diperiksa, Apakah Langsung Ditahan?

Rabu, 14 Februari 2018 — 18:52 WIB
Gubernur Jambi, Zumi Zola. (julian)

Gubernur Jambi, Zumi Zola. (julian)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Gubernur Jambi, Zumi Zola, Kamis (15/2/2018). Zumi saat ini sudah berstatus tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait proyek-proyek di Jambi.

“Surat panggilan terhadap ZZ (Zumi Zola) telah dikirimkan di awal minggu ini untuk rencana pemeriksaan besok, Kamis 15 Feb 2018,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Rabu (14/2/2018).

Pemeriksaan ini merupakan pertama kali bagi Zumi setelah berstatus tersangka. Sebelumnya, Ketua DPW PAN Jambi ini sudah dua kali diperiksa saat masih berstatus sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait pengesahan RAPBD Jambi 2018 atau dikenal kasus pemberian “uang ketok palu” .

Usai diperiksa apakah gubernur yang juga mantan pemain sinetron ini apakah langsung ditahan belum bisa dipastikan.

Kasus yang menjerat Zumi ini pun merupakan pengembangan dari kasus pemberian “uang ketok palu” tersebut. Dalam kasus ini, KPK juga menjerat Plt Kepala Dinas PUPR Jambi, Arfan, sebagai tersangka.

Adapun kasus dugaan suap “uang ketok palu” kepada anggota DPRD Jambi itu semula terbongkar melalui operasi tangkap tangan (OTT).

Terkait kasus gratifikasi, KPK menduga Zumi bersama Arfan menerima uang sejumlah Rp6 miliar dari para kontraktor yang menggarap proyek di lingkungan Pemprov Jambi.

Uang itu yang disinyalir disalurkan kepada anggota DPRD Jambi sebagai “uang ketok” pengesahan RAPBD Jambi tahun anggaran 2018. (julian/b)