Tuesday, 22 May 2018

Bantai Porto 0-5, Liverpool Hampir Pasti Lolos

Kamis, 15 Februari 2018 — 5:36 WIB
Sadio Mane cetak tiga gol ke gawang Porto (reuters)

Sadio Mane cetak tiga gol ke gawang Porto (reuters)

PORTUGAL– Bantai Porto 0-5 membuat Liverpool nyaris pasti lolos ke babak delapan besar Liga Champions. Apalagi pada leg kedua nanti, The Reds akan menjamu Porto di Anfield. Seperti hanya keajaiban yang bisa membuat Liverpool tersingkir karena Porto harus menang minimal 6-0.

Pada laga leg pertama yang dihelat di Estádio Do Dragão, Kamis (15/2/2018) dinihari tadi adalah Mane yang jadi bintang Liverpool dengan tiga golnya masing-masing menit ke-25, menit ke-53 dan menit ke-85. Dua gol lagi dicetak oleh Mohamed Salah menit ke 29 dan Roberto Firmino menit ke-69.

Sejak kick-of hingga menit ke-10 sebetulnya Porto sempat membuat pertahanan Liverpool kacau balau. Laga baru berlangsung tiga menit Porto sudah menghasilkan tendangan pojok.
Berawal dari pergerakan Brahimi di sayap kiri, namun bola berhasil dibuang Alexander-Arnold.

Pada menit kesembilan, Liverpool kembali ditekan. Marega berikan bola kepada Otavio, yang melewati Alexander-Arnold dan melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti, namun bola mengenai kaki Lovren dan mengarah ke atas gawang. sehingga hanya menghasilkan sepakan pojok.

Diserang terus Liverpool berusaha keluar dari tekanan. Dan menit ke-26 justru mereka unggul duluan. Awalnya Wijnaldum menguasai bola di kotak penalti dan mendapat hadangan dari pemain Porto. Ia lalu memberikan bola kepada Mane yang langsung melepaskan sepakan akurat ke gawang Porto. Sebetulnya bola berhasil ditepis Sa namun bola terlalu keras dan tak kuasa bergulir ke dalam gawang.

Berselang empat menit, giliran Salah yang mencetak gol ke gawang Sa. Bermula dari tendangan keras Milner yang membentur tiang gawang, bola justru mengarah kepada Salah yang berdiri di depan gawang. Pemain asal Mesir ini sukses melewati hadangan Sa, Salah sukses menceploskan bola ke dalam gawang untuk membuat skor menjadi 2-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Mane kembali mencetak gol tepatnya menit ke-53. Lewat serangan balik yang cepat, Salah menusuk ke tengah dan memberikan umpan kepada Firmino, yang langsung melepaskan tembakan akurat namung masih bisa ditepis Sa. Sayang bola liar itu mengarah kepada Manes dan langsung dieksekusi ke gawang yang kosong.

Giliran Firmino yang mencatatkan namanya di papan skor. Lagi-lagi lewat serangan balik. Milner melepas umpan tarik dari sisi kiri ke depan gawang dengan mudah disempurnakan Firmino dengan sepakan akurat kaki kanan ke pojok bawah gawang Sa.

Liverpool pada laga ini benar-benar menggila. Menit ke-85 Mane mencetak gol ketiganya.
Awalnya Mane mendapat ruang kosong di area penalti Porto, yang membuat ia sanggup melepaskan sepakan keras melewati hadangan Sa. Mane pun melakukan hat-trick perdananya di Liga Champions.

Tak ada lagi yang mampu dilakukan Porto. Mereka disisa waktu yang ada justru jadi bulan-bulan Liverpool dan akhirnya wasit meniup pluit dengan kedudukan 5-0. (b)