Thursday, 18 October 2018

Mengawal Jalur Sepeda

Kamis, 15 Februari 2018 — 5:45 WIB

PEMPROV DKI Jakarta bakal memperbanyak jalur sepeda di lima wilayah kota. Langkah ini untuk memberikan rasa aman kepada pesepeda saat beraktivitas di jalanan ibukota.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengklaim saat ini sedang mematangkan penambahan jalur sepeda. Pembangunannya melibatkan komunitas sepeda yang paham betul akan kebutuhan mereka saat melintas di jalan.

Gagasan menambah jalur sepeda antara lain merespon terjadinya kasus kecelakaan terhadap pesepeda yang meninggal dunia akibat ditabrak mobil di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
Dukungan program penambahan jalur sepeda terus mengalir. Bukan saja dari kalangan DPRD DKI Jakarta saja, tetapi banyak elemen masyarakat juga menyambut positif, karena pesepada memang perlu perlindungan.

Aturan bersepeda di jalan raya sama dengan sepeda motor. Sepeda tidak boleh menggunakan lajur cepat, tetapi harus melintas di lajur lambat lantaran berkecepatan rendah.
Hampir sebagian besar kota di negara maju baik itu Eropa maupun Asia juga menyediakan jalur sepeda. Jalur sepeda dibikin rapi. Pemerintah maupun pesepeda berpegang teguh dengan aturan yang berlaku.

Di Jakarta juga sudah ada jalur sepeda meski belum semua jalan-jalan protokol disediakan. Sesuai dengan data saat ini baru ada 26 kilometer jalur sepeda. Parahnya jalur sepeda di tempat tertentu terkadang tidak lagi sepenuhnya khusus digunakan pesepeda.

Dengan dalih demi mengurai kemacetan dan kepadatan lalulintas, terutama pada jam berangkat dan pulang kerja, aparat terkait membolehkan jalur sepeda dilintasi kendaraan umum. Bukan itu saja, jalur sepeda juga ada yang digunakan untuk parkir mobil.

Seiring dengan rencana memperbanyak jalur sepeda, tidak ada salahnya bila sarana yang sudah ada juga dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai dengan peruntukan. Jalur sepeda, ya untuk pesepeda bukan dilonggar-longgarkan dilintasi angkutan umum, apalagi tempat parkir mobil. Karena itu, baik pemangku jabatan maupun publik harus sungguh-sungguh mengawal jalur sepeda, sehingga tidak berubah peruntukan. @*