Saturday, 17 February 2018

Tekuk PSG 1-3, Jalan Real Madrid ke Babak Delapan Besar Lebih Mudah

Kamis, 15 Februari 2018 — 5:08 WIB
Ronaldo dua kali jebol gawang PSG yang dikawal oleh  Areola (reuters)

Ronaldo dua kali jebol gawang PSG yang dikawal oleh Areola (reuters)

SPANYOL– Real Madrid berhasil mengatasi Paris Saint Germain dengan kemenangan 3-1 pada laga leg pertama babak 16 Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (15/2/2018) dinihari.

Dua gol Cristiano Ronaldo lewat tendangan penalti menit ke-45 dan menit ke-83 serta gol Marcelo menit ke-86 membuat Real Madrid akan lebih mudah menghadapi PSG pada leg kedua tanggal 7 Maret nanti di Paris.

Adapun gol balasan Paris Saint Germain dicetak oleh Rabiot menit ke-33.

Memang masih ada harapan bagi PSG ketika menjamu Los Blancos di Stadion Parc des Princes 7 Maret nanti di laga leg kedua. Namun mereka harus menang minimal 2-0 baru bisa lolos ke babak delapan besar.

Sebetulnya tidak mudah bagi Real Madrid mengalahkan PSG. Memang sejak menit pertama Ronaldo dan kawan-kawan berusaha mengurung pertahanan PSG. Namun penyelesaian akhir, terutama Ronaldo yang buruk membuat tuan rumah belum mampu mencetak gol.

Seperti menit ke-28, Ronaldo gagal mencetak gol padahal sudah berhadapan langsung dengan kiper PSG. Awalnya Marcelo dari tengah lapangan, mengirim bola ke kotak penalti, Ronaldo berhasil mengejar bola tetapi sepakannya masih mampu dihentikan Areola meskipun dengan mengorbankan wajahnya.

Justru PSG yang unggul lebih dulu menit ke-33 lewat gol Rabiot. Berawal dari umpan silang Mbappe yang tidak diambil Cavani dan gagal dikuasai Neymar, Rabiot yang masuk ke kotak penalti berhasil menemukan bola liar dan langsung melepaskan tembakan tanpa mampu dihentikan Navas.

Namun akhirnya Real Madrid mampu menyamakan kedudukan tepat pada menit ke-45 lewat tendangan penalti.

Wasit menghukum PSG karena Lo Celso menjatuhkan Kroos yang merengsek ke kotak penalti. Wasit Rocchi langsung menunjuk titik putih. Beruntung bagi Lo Celso tidak menerima kartu kuning keduanya di pertandingan ini. Ronaldo yang menjadi algojo mampu menjebol gawang PSG meski arah bola bisa dibaca oleh kiper. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua PSG mencoba mengurung pertahanan Los Blancos. Lewat Neymar, Dani Alves, Mbappe dan Cavani membuat pertahanan tuan rumah kocar -kacir. Sayang penyelesaian akhir mereka yang buruk membuat tidak ada gol yang tercipta.

Seperti menit ke71, Neymar membawa bola dari area pertahanannya hingga ke sepertiga lapangan. Ia lalu menyodorkan bola ke kotak penalti, namun Mbappe dan Alves tidak mampu menjangkaunya.

Melihat pertahanan Madrid diserang terus, Zenidine Zidane lalu melakukan perubahan. Benzema ditarik keluar digantikan Gareth Bale dan tak lama kemudian Asension masuk menggantikan Isco.

Kehadiran Bale dan Asensio mampu merubah permanan Madrid. Yang semula mereka tertekan giliran tuan rumah yang menyerbu pertahanan PSG.

Akhirnya menit ke-83 Ronaldo mampu mencetak gol keduanya pada laga ini. Berawal dari aksi Asensio, umpan silang yang gagal dikuasai sempurna oleh Areola langsung diteruskan Ronaldo ke gawang dengan lututnya.

Gol itu tampak membuat pertahanan PSG kian rapuh. Dan hal itu dimanfaatkan oleh Real Madrid menambah keunggulan lewat Marcelo. Menerima umpan dari Asensio, lalu Marcelo dari kotak penalti melepaskan tembakan keras yang tak mampu dijangkau oleh kiper PSG.
Sisa waktu yang tinggal sediki coba dimanfaatkan PSG untuk memperkecil kekalahan. Namun Real Madrid langsung memperkokoh pertahanan sehingga laga berakhir dengan kedudukan 3-1 untuk Los Blancos. (b)