Wednesday, 19 June 2019

Tak Lolos Pemilu, PKPI Siap Ajukan Gugatan

Minggu, 18 Februari 2018 — 21:02 WIB
pkpi

JAKARTA –Tak lolos menjadi peserta Pemilu 2019, Pertai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) segera mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawslu). Partai pimpinan mantan Kepala BIN Hendropriyono menilai KPU mendapatkan masukan dari data yang tak akurat tetang PKPI.

“KPU salah menyimpulkan atau mendapatkan masukan dari data yang tidak akurat. Kami menemukan banyak pelanggaran yang dilakukan KPUD-KPUD di daerah,” kata Sekjen PKPI Imam Anshori, Minggu (18/2).

Akibat masukan yang tidak akurat menyebabkan PKPI tak memenuhi syarat (TMS) di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Sebelumnya sudah kita ajukan gugatan, 14 Februari. Tapi karena Bawaslu beralasan harus ada penetapan KPU dulu, ya kita tunggu,” tuturnya.

Imam pun menyebutkan beberapa kesalahan KPU, seperti di Jawa Timur KPUD tingkat kabupaten sebelumnya sudah melaporkan cabang partainya memenuhi syarat (MS). Namun, ketika direkapitulasi di tingkat provinsi menjadi TMS.

Imam pun mengaku sebenarnya pihaknya tak mau mencari kambing hitam terkait dengan masalah ini. Namun, pada kenyataannya, terdapat koordinasi yang kurang baik yang dilakukan oleh KPU dan KPUD. (us)