Wednesday, 26 September 2018

80 Persen Taman di Stadion Utama Gelora Bung Karno Rusak

Senin, 19 Februari 2018 — 16:36 WIB
Penonton berdesakan masuk Gelora Bung Karno

Penonton berdesakan masuk Gelora Bung Karno

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai kerusakan yang terjadi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tidak separah seperti yang terekspos melalui postingan media sosial.

Basuki mengakui terjadi kerusakan di beberapa bagian di Stadion GBK akibat aksi anarkis oknum supporter sepakbola selama laga final Piala Presiden, Sabtu (17/2/2018) lalu.

Basuki enegaskan bahwa kerusakan yang terjadi tidak akan mengganggu perhelatan Asian Games Agustus 2018 mendatang.

“Tadi pagi saya lihat apa yang terjadi setelah pasca-pertandingan kemarin. Itu apa menghambat atau tunda jadwal Asian Game? Tidak ada. Medsosnya memang agak menyeramkan, tetapi tidak separah itu,” katanya usai rapat koordinasi dengan INASGOC di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Basuki menguraikan terjadi kerusakan di beberapa bagian stadion diantaranya ialah bagian pintu masuk, panel pembatas dalam stadion hingga taman Stadion GBK.

“GBK sendiri yang rusak sangat ringan, tidak ada satupun kursi yang rusak. Hanya panel disable untuk membatasi disable dengan lapangan, yang rubuh 7 segment itu dan tidak pecah karena akrilik, kita sedang perbaiki. Pintu 7 dan 9 yang agak sedikit rusak, itu di pintu 9 nya,” terang Basuki.

Dikatakan Basuki di bagian taman stadion, hampir 80 persen rusak sehingga harus diganti dengan tanaman baru. Kemudian ada empat pohon besar yang roboh akibat diangkat para supporter.

“Tamannya dari 40 hektar taman 80% memang rusak tanamannya. Ada 4 pohon besar juga yang roboh karena mereka naik, dinaiki oleh para suporter,” imbuhnya.

Basuki memperkirakan dibutuhkan dana tidak lebih dari Rp150 juta untuk memperbaiki kerusakan akibat ulah tidak bertanggungjawab itu. Tidak lebih dari seminggu pengerjaan perbaikan akan selesai.

“Satu Minggu kita akan selesaikan dan anggarannya tidak lebih dari 150 juta. Siapapun yang bertanggung jawab kita akan akan selesaikan (perbaiki),” pungkasnya.

Diketahui beberapa fasilitas di Stadion GBK rusak usai pertandingan Final Piala Presiden antara Persija Jakarta dengan Bali United. Beberapa fasilitas yang rusak adalah padat pembatas di dalam stadion, pintu masuk Zona 9 dan tanaman di taman sekitar Stadion GBK. (ikbal/b)