Saturday, 15 December 2018

KSP Moeldoko Paparkan Capaian 3 Tahun Pemerintah Jokowi-JK

Senin, 19 Februari 2018 — 15:22 WIB
Jenderal (Purn) TNI Moeldoko. (dok Biro Media)

Jenderal (Purn) TNI Moeldoko. (dok Biro Media)

JAKARTA – Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko akan menyambangi Universitas Andalas (Unand) berbicara soal capaian 3 tahun kinerja pemerintahan Presiden Jokowi-JK, pada Selasa (20/2/2018) nanti.

Mantan Panglima TNI ini akan menjadi pembicara kunci dengan membahas berbagai topik di antaranya Pembangunan Desa, Pengentasan Kemiskinan, Kesehatan dan Gizi, Reforma Agraria serta Perhutanan Sosial.

Pada acara yang berlangsung di Convention Hall, Unand itu, Moeldoko akan memberikan penjelasan sejauh mana program-program pemerintahan tersebut berjalan. Selain itu, Moeldoko juga akan membuka dialog dengan mahasiswa dan peserta seminar untuk berdiskusi tentang tantangan bangsa terkini.

Talk show yang dipandu presenter Andromeda Mercury ini akan dihadiri sekitar 500 peserta. Selain Moeldoko, diskusi yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand itu juga menghadirkan pembicara lain seperti guru besar jurusan Sosiologi FISIP Unand Afrizal, Ketua Nagari Development Center (NDC) – Unand Eri Gas Ekaputra, Pemimpin Redaksi salah satu media massa di Sumbar Heri Sugiarto, serta Walinagari Sungai Kamuyang Ketua Forum Walinagari (Forwana) Provinsi Sumatera Barat, Irmaizar.

Meski demikian, kemasan acara ini tidaklah satu arah dari perspektif pemerintah saja. Menurut Yanuar, pada kesempatan ini, peserta seminar bisa menyampaikan unek-unek, masukan atau berkesempatan mengkritik pemerintah secara langsung kepada Moeldoko yang mewakili pemerintahan Jokowi-JK.

Moeldoko mengatakan, apapun yang tengah dikerjakan oleh Presiden Jokowi memang terbuka terhadap masukan, sehingga akan memberikan kontribusi positif atas apa yang sedang dikerjakan.

“Selama ini, barangkali masih ada sebagian masyarakat yang hanya menerima informasi yang sepotong-sepotong, tidak lengkap, lalu mengambil kesimpulan sendiri tanpa tahu bahwa apa tujuan besar dari apa yang dikerjakan Presiden Jokowi dan jajarannya. Dalam forum ini, masukan dan kritikan apa pun terhadap pemerintah, tentunya juga akan diterima,” ujar Moeldoko, Senin (19/2).

Selain itu, ia juga menyampaikan bagaimana upaya pemerintah untuk menghadirkan kestabilan politik sekaligus memberikan jaminan keamanan bagi para investor yang tertarik untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Kegiatan menyambangi kampus ini tidak hanya dilaksanakan di satu atau dua perguruan tinggi. Road Show serupa telah digelar di Universitas Gajah Mada, Desember 2017 lalu dan Universitas Padjajaran Bandung, awal Februari 2018 ini. Direncanakan, pekan depan kegiatan serupa berlangsung di Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Mataram di Nusa Tenggara Barat.

“Tahun ini adalah tahun politik, dan masyarakat Indonesia, sebagaimana kita lihat, sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi. Saya sebagai Kepala Staf Kepresidenan, memberikan jaminan penuh dalam hal keamanan investasi para investor ini,” pungkasnya.

Dalam roadshow-nya, Moeldoko akan menyampaikan beberapa topik. salah satunya, progres pelaksanaan Asian Games 2018, distribusi dan pengelolaan dana desa, pengelolaan bantuan sosial serta program antikorupsi dan reformasi birokrasi.

(prihandoko/sir)