Wednesday, 14 November 2018

Pasar Baru, Surga Fotografi

Jumat, 23 Februari 2018 — 18:00 WIB
Fotografi (cw2)

Fotografi (cw2)

JAKARTA – Kalau melihat siswa berseragam abu-abu sambil membawa kamera di kawasan Kota Tua, rasanya sudah sangat sering. Tapi melihat sekumpulan lelaki berseragam putih abu-abu ini di kawasan Pasar Baru, lengkap dengan kamera di sisinya, cukup menarik perhatian.

Gemerlap Bintang, siswa kelas 2 di salah satu sekolah menengah atas ini mengaku baru pertama kali mengunjungi Pasar Baru. “Soalnya pada nyaranin ke sini. Saya juga belum pernah ke sini, ini pengalaman pertama,” ujar Bintang ketika ditemui oleh poskotanews.com pada Jumat (23/2/2018) di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Ia datang bersama teman-temannya yang tergabung dalam ekstrakulikuler fotografi sekolah. Awalnya, ada dua usulan yang dilemparkan oleh teman-temannya, yaitu hunting foto di Ragunan dan Pasar Baru. Namun ternyata, lebih banyak yang memilih ke Pasar Baru.

“Kalau Ragunan, tahun lalu kita sudah ke sana. Kalau di Ragunan lagi, kan monoton. Kita cari yang baru. Kalau pasar, biasanya kita pasar Majestik. Itu modern tempatnya, kalau ini kan kuno-kuno gitu,” pungkas Bintang.

Kafka, ketua ekstrakuriluker fotografi sekolah itu, mengatakan banyak spot atau tempat yang bisa dijadikan objek foto di sini. Salah satunya efek lorong yang ada pada perempatan di kawasan Pasar Baru.

“Ada efek lorong di sini. Banyak toko-toko juga yang punya arsitektur kuno kan di sini,” terang Kafka.

Faruq, pelatih, menjelaskan perkara objek foto, banyak yang bisa dijadikan objek menarik di tempat ini. Mulai dari aliran seni fotografi jalanan, arsitektur, atau bahkan jurnalistik. Semua tergantung dari ketertarikan masing-masing.

“Tergantung si anaknya ya. Foto kan sebenarnya apa saja bisa difoto. Tapi tergantung anaknya lebih tertarik apa, mau pakai pendekatan street photography kah, atau jurnalistik, atau arsitektur,” katanya.

Pria berkaca mata ini juga menambahkan, fotografi jalanan bisa menampilkan orang di keramaian tempat umum. Lalu foto jurnalistik dengan cerita pada fotonya. Ada juga arsitektur yang menampilkan bangunan-bangunan yang menampilkan keindahan. Dan semua itu bisa ditemukan di mana saja, termasuk di Pasar Baru. (cw2/yp)