Saturday, 17 November 2018

Awak Bus dan Pedagang di Terminal Kampung Rambutan Dapat Pengobatan Gratis

Sabtu, 24 Februari 2018 — 0:21 WIB
: Awak bus dan pedagang di terminal Kampung Rambutan yang periksa kesehatan. (Ifand)

: Awak bus dan pedagang di terminal Kampung Rambutan yang periksa kesehatan. (Ifand)

JAKARTA – Awak bus dan pedagang di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, mendapat pemeriksaan, Jumat (23/2). Upaya itu diberikan karena selama ini pekerjaan yang dijalani mereka rentan dengan penyakit.

Sedikitnya, 300 awak bus dan pedagang yang kesehariannya berada di terminal, menjalani pemeriksaan gratis. Layanan kesehatan diberikan oleh Direktorat Hukum (Ditkum) TNI AD bekerjasama dengan UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Fakuktas Kedokeran Universitas Kristen Indonesia.

Direktur Hukum TNI AD, Brigjen TNI Wahyoedo Indrajit mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan adalah pengobatan umum. Semua jenis layanan kesehatan diberikan di sini kepada awak bus dan pedagang. “Jika harus dirujuk maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat,” katanya, Jumat (23/2).

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August mengatakan, kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka. Dimana peserta yang datang adalah dari pedagang, petugas kebersihan dan karyawan PO Bus. “Antusiasnya cukup tinggi, karena yang hadir lebih dari 300 orang yang langsung memeriksakan kesehatannya,” ujarnya.

Dikatakan Emiral, dengan antusias yang cukup tinggi itu, bukan tidak mungkin kegiatan itu akan rutin dilakukan. Pasalnya, selain berguna bagi awak bus dan pedagang, hal ini juga bisa memantau mereka dari bahaya penyakit. “Karena kalau mereka sehat semua, pastinya calon penumpang akan merasa nyaman,” ungkapnya.

Yayat, 52, pedagang yang ikut pemeriksaan mengaku, memang saat ini dirinya tengah sakit nyeri di bagian lambung dan pegal-pegal. Ia berharap dengan mengikuti pengobatan gratis ini penyakit yang dideritanya dapat sembuh. “Ya Alhamdulillah, bisa ikut ini jadi ga ribet harus berobat,” pungkasnya. (Ifand/b)