Friday, 16 November 2018

Tangsel Bakal Bangun Jalur Sepeda di Pinggir Cisadane

Selasa, 27 Februari 2018 — 7:56 WIB
Kepala DPU Kota Tangsel Retno Prawati didampingi sejumlah staf saat mengecek langsung pinggir Sungai Cisadane yang akan dibangun JPC Mountain Bike Park. (anton)

Kepala DPU Kota Tangsel Retno Prawati didampingi sejumlah staf saat mengecek langsung pinggir Sungai Cisadane yang akan dibangun JPC Mountain Bike Park. (anton)

TANGERANG – Program penataan pinggir kali atau sungai di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus dilakukan salah satu rencana yang akan dilakukan adalah melakukan penataan pinggiran Sungai Cisadane dengan membuat jalur trek mountain bike atau jalur sepeda pinggir Cisadane (JPC) Mountain Bike Park yang direncanakan bulan April 2018 mendatang sebagai salah satu upaya meningkatkan kepariwisataan.

“Jalur trek mountain bike atau JPC Mountain Bike Park akan dibangun dipinggir Sungai Cisadane sepanjang enam kilo meter di wilayah Kel. Keranggan, Kec. Setu yang diharapkan dapat menjadi salah satu tempat wisata baru bagi masyarakat Kota Tangsel dan pengemar sepeda di seluruh Indonesia,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel Retno Prawati.

Tidak hanya tempat baru wisata bagi masyarakat, tambah dia, pembuatan jalur trek mountain bike di Kota Tangsel diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indoensia dalam melakukan penataan pinggir sungai atau kali agar tetap terjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanannya tanpa merubah keasrian alam yang ada.

Nantinya jalur sepeda pinggir Sungai Cisadane tidak hanya dapat dilalui pengemar sepeda dan pejalan kaki saja tapi juga akan dilengkapi dengan jalur sepeda gunung, ujarnya yang mengatakan keberadaan JPC Mountain Bike Park juga sebagai salah satu upaya Kota tangsel mendukung Kota Sepeda.

Sementara itu, Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kota tangsel, Dudung E Diredja, keberadaan dan kehadiran JPC Mountain Bike Park sepanjang 6 Km pinggir Sungai Cisadane, Kel. Keranggan, Setu jelas sangat penting dan didukung seluruh komunitas sepeda di wilayah Kota Tangsel termasuk dari wilayah DKI Jakarta, Kab. Bogor, Kota Bogor, Depok, Kota Tangerang dan Kab. Tangerang.

Di wilayah Tangsel sendiri tercatat sekitar 5000 pengemar olahraga sepeda dari 40 komunitas sepeda yang ada dan kehadiran JPC Mountai Bik Park tentunya sangat didukung karena belum ada kabupaten maupun kota di Indonesia yang mencanangkan sebagai Kota Sepeda apalagi kegiatan ini bentuk kolaborasi antara kegiatan pariwisata dan kegiatan bersepeda tentunya sangat pas.

(anton/sir)