Wednesday, 19 September 2018

Panas di Politik, Urusan Luar Angkasa AS-Rusia Kompak

Rabu, 28 Februari 2018 — 13:27 WIB
reuters

reuters

KAZAKHSTAN – Sebuah kapsul yang membawa 2 astronot Amerika Serikat dan seorang astronot Russia mendarat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), hari ini, Rabu (28/2/2018).

Kapsul itu berasal dari pesawat ulak-alik ‘Soyuz’ yang diawaki oleh Joe Acaba dan Mark Vande Hei dari badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA, serta Alexander Misurkin dari badan luar angkasa Rusia, Roscosmos.

Mereka mendarat di dataran bersalju di daerah Zhezkazgan, Khazakhstan, jam 09.31 WIB. Misurkin merupakan orang pertama yang keluar dari kapsul, diikuti oleh dua rekannya sambil tersenyum dan melambaikan tangan kepada tim SAR Rusia di lokasi.

Ketiga orang ini menghabiskan waktu selama 5 bulan lebih meneliti planet Bumi di ISS yang berada 400km di atas permukaan laut.

Rencananya, mereka akan digantikan oleh anggota 2 NASA yang lain, Andrew Feustel dan Richard Arnold, serta satu orang anggota Roscosmos, Oleg Artyemyev menggunakan pesawat ulak-alik yang akan lepas landas di stasiun luar angkasa Kazakhstan, tanggal 21 Maret mendatang.

(reuters/cw5/sir)