Sunday, 15 September 2019

Kejati DKI Senin Umumkan Tersangka Korupsi di Bank BPD Jatim

Sabtu, 3 Maret 2018 — 23:10 WIB
Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Sarjono Turin, di Kejati DKI (ahi)

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Sarjono Turin, di Kejati DKI (ahi)

JAKARTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta umumkan tersangka kasus dugaan pembobolan Bank BPD Jatim Cabang Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan, sekitar Rp72 miliar lebih, Senin (5/3/2018)

“Kita sudah ekspose (gelar perkara), Senin besok kita umumkan tersangkanya, ” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DKI Sarjono Turin, di Jakarta, Sabtu (3/3).

Namun, dia enggan menyebutkan siapa, identitas dan dari instansi mana saja, sebab itu masih rahasia. “Pastinya, lebih dari satu, ” ucapnya membuka sedikit soal tersangka kasus BPD Jatim tersebut.

Dalam proses penyidikan, Kejati DKI sudah beberapa kali memeriksa Kepala Cabang Bank BPD Jatim bahkan hingga kantor pusat di Surabaya, termasuk lima koordinator kasus pembobolan bank pelat merah tersebut.

Kasus pembobolan ini dilakukan, dengan modus mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke BPD Jatim Cabang Wolter Monginsidi. Kredit ini dikoordinir lima pelaku dengan mengajulan permohonan kredir dari 172 debitur, Juli 2012 – Agustus 2013. Padahal, debitur itu fiktif. Setiap debitur mendapat kredit Rp500 juta.

Guna meyakinkan perbankan, mereka menjaminkan kredit ke PT Jamkrindo, tapi premi asuransi hanya bulan pertama dibayar. Sesudah itu, mereka lenyap dan bahkan dikhabarakan ada yang sudah melarikan diri ke Malaysia. (ahi/b)