Sunday, 18 November 2018

Ketua DPRD DKI Minta Pemprov Genjot Pendapatan dari Sektor Pariwisata

Senin, 5 Maret 2018 — 13:56 WIB
Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi.

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi.

JAKARTA – Ketua DPRD DKI Jakarta meminta pemprov menggenjot  pendapatan dari sektor  pariwisata. DPRD menilai, sektor tersebut sangat potensial meningkatkan nilai ekonomi.

“Potensi Jakarta menjadi destinasi pariwisata terbilang tinggi dengan keberadaan berbagai lokasi seperti Kota Tua, Kepulauan Seribu, Ancol, Dunia Fantasi, wisata halal, dan lain-lain,” kata H.Prasetyo Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta, kemarin.

Menurut Prasetyo, pemprov  harus menyusun program lebih nyata. ”Harus ada program nyata untuk  mengembangkan pariwisata. Bagaimana supaya destinasi yang ada lebih menarik pengunjung.Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga mancanegara,” katanya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pendapatan daerah dari sektor pariwisata tersebut pernah mencapai Rp1,4 triliun. Namun pendapatan tersebut terus menurun. “Jadi harus ada terobosan yang lebih menarik.”

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan kontribusi perekonomian Ibu Kota di sektor pariwisata naik menjadi 15% dalam lima tahun ke depan.

Sandi menjelaskan, saat ini kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian Jakarta baru mencapai 6,2%.

Selain itu, Pemprov DKI juga menargetkan terciptanya tenaga kerja di sektor pariwisata sebanyak 2,4 juta orang dalam lima tahun ke depan.

Untuk mengejar target tersebut, Sandi mendorong terbentuknya Balai Pelatihan Industri Perhotelan. (john/tri)