Thursday, 20 September 2018

Anies Akan Singkirkan PKL dari Trotoar Jalan Sudirman – MH Thamrin

Selasa, 6 Maret 2018 — 13:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Ikbal)

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan akan menyapu bersih pedagang kaki lima (PKL) disepanjang Jalan Sudirman – MH. Thamrin.

Anies mengatakan pembersihan kawasan tersebut dari PKL sebagai bagian penataan jalan dan trotoar yang tengah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

“Trotoar sepanjang Sudirman-Thamrin bukan tempat berjualan PKL, di sini tempat untuk pejalan kaki, titik. Tidak ada yang lain,” tegasnya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (6/3/2018).

Anies mengatakan akan merelokasi PKL dari trotoar ke bagian samping atau belakang gedung di kawasan itu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu akan menata PKL sesuai dengan kebutuhan di sekitar gedung.

“Penataan ini perlu waktu karena kita harus bicara dengan satu gedung, para PKLnya, kebutuhan yang ada ditempat itu, sehingga sesuai,” imbuh Anies.

Wajah trotoar sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin akan segera berubah. Pemerintan Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan penataan jalan dan pedestrian di kawasan tersebut.

Anies menyebut nantinya trotoar akan dibuat lebih lebar dan lebih nyaman bagi pejalan kaki. Diketahui saat ini trotoar di Jalan Sudirman-MH. Thamrin lebarnya berkisar 5,5 meter. Dengan penataan ulang, trotoar akan memikiki lebar 9 hingga 12 meter.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan trotoar tidak hanya difungsikan sebagai jalur pejalan kaki, namun juga akan dijadikan tempat interaksi sosial budaya. (ikbal/tri)