Thursday, 20 September 2018

Trotoar Diperlebar, Anies Akan Ubah Wajah Jalan Sudirman – MH Thamrin

Selasa, 6 Maret 2018 — 12:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paparkan rencana perubahan Jalan Sudirman dan MH Thamrin.(ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paparkan rencana perubahan Jalan Sudirman dan MH Thamrin.(ikbal)

JAKARTA –  Wajah trotoar sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin akan segera berubah. Pemerintan Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan penataan jalan dan pedestrian di kawasan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut nantinya trotoar akan dibuat lebih lebar dan lebih nyaman bagi pejalan kaki. Diketahui saat ini trotoar di Jalan Sudirman-MH. Thamrin lebarnya berkisar 5,5 meter. Dengan penataan ulang, trotoar akan memikiki lebar 9 hingga 12 meter.

Anies mengatakan trotoar tidak hanya difungsikan sebagai jalur pejalan kaki, namun juga akan dijadikan tempat interaksi sosial budaya.

“Trotoar yang ada akan lebar dan dibuat menjadi tempat yang nyaman bagi pejalan kaki dan di jalur ini juga akan disiapkan tempat-tempat untuk kegiatan seni, kegiatan budaya, bahkan pada perancangannya pun sudah dengan memasukkan nuansa kebudayaan nusantara,” kata Anies di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (6/3/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan trotoar akan dibuat seperti etalase budaya Indonesia dengan menempatkan ornamen budaya di lantai trotoar. Anies melabeli konsep itu dengan Sabuk Nusantara.

Anies menargetkan penataan ulang akan selesai pada bulan Juli 2018. Target tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games Agustus 2018 mendatang di Jakarta.

“Jadi kita akan melihat wajah Jalan Sudirman-Thamrin yang berbeda. Prosesnya sudah dimulai dan kita berharap bisa selesai sebelum Asian Games di akhir bulan Juli yang akan datang,” tandas Anies.

Guna mendukung pentaan itu, Anies hari ini mengumpulkan sekitar 150 pemilik gedung disepanjang Jalan Sudirman – MH Tramrin. Anies mengaharapkan pemilik gedung dapat menyesuaikan dengan juga menata halamannya. (ikbal/tri)