Wednesday, 19 September 2018

Mendag Optimis Ekspor Olahan Sawit ke Negara Eropa Meningkat

Rabu, 7 Maret 2018 — 12:07 WIB
File picture of a worker collecting palm fruit at a plantation in Langkat

JAKARTA – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengaku optimis ekspor hasil olahan kelapa sawit ke negara-negara Uni Eropa kembali meningkat.

Hal ini menyusul pertemuan bilateral perwakilan Indonesia dengan Komisi Dagang Uni Eropa (UETC).

“Pertemuan bilateral itu menghasilkan banyak kesepahaman terutama kaitan hasil olahana kelapa sawit dari Indonesia ke Uni Eropa,” ujarnya di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Hal itu, katanya, setelah ia bertemu dengan Cecilia Malmstorm selaku ketua UETC disela-sela pertemuan Menteri-menteri ekonomi Asean (AEMC) dengan delegasi UE baru-baru ini.

Sebenarnya, menurut Enggartiasto, kesepahaman Indonesia dengan Eropa telah dijajaki saat bertemu dalam perundingan perjanjian kemitraan komprehensif Indonesia-Eropa (I-EU CPA) di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, pada 19-23 Februari 2018.

Kerjasama bidang perdagangan negara-negara Asean dengan Uni Eropa terus meningkat dimana nilai perdagangan dan investasi dua kawasan tercatat tumbuh konsisten.

Data  statistik  dari UE menyebut nilai  perdagangan  ASEAN-UE mencapai EUR 226,6 milyar pada 2017, yang meningkat  9,1%  dari tahun sebelumnya.

UE juga  merupakan  sumber investasi langsung luarnegeri (Foreign  Direct  Investment, FDI)  terbesar ASEAN  pada 2016 dengan nilai sebesar  EUR 26,3 milyar. (rinaldi/tri)